Ekonomi dan Bisnis

Kartu Belogo GPN Segera Hadir di Kalsel, Ini yang Dipersiapkan Bank Kalsel

Bank Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel (Bank Kalsel) diantaranya, disamping terus perbaharui kartu debetnya.

Kartu Belogo GPN Segera Hadir di Kalsel, Ini yang Dipersiapkan Bank Kalsel
Istimewa
Penggunaan kartu debet pembayaran di merchant-merchant di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perbankan umum termasuk bank-bank yang beroperasional di Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mulai adopsi konsep Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam waktu dekat.

Bank Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel (Bank Kalsel) diantaranya, disamping terus perbaharui kartu debetnya dengan sistem cip tapi juga akan mulai terapkan konsep GPN.

Dijelaskan Pemimpin Kelompok Treasury dan Dealer Bank Kalsel, Fachrudin, pihaknya akan segera luncurkan kartu berlogo GPN untuk kartu-kartu debetnya.

Baca: Video Penangkapan Pelaku Pembunuhan Wanita Yang Disimpan Dalam Box, Pelaku Akui Melihat Hantu?

"Jadi sesuai peraturan baru Bank Indonesia, kami akan segera luncurkan dalam waktu dekat kartu berlogo GPN. Nanti semua kartu kami juga seluruhnya akan berlogo ini," kata Fachrudin.

Pun demikian dengan BTN Cabang Banjarmasin, yang dalam waktu dekat mulai akan implementasikan kartu berlogo GPN untuk nasabahnya di Banjarmasin dan Kalsel pada umunya.

Baca: Niat Zakat Fitrah Lebaran Idul Fitri 2018 dan Ketentuannya

Dijelaskan Branch Manager BTN Banjarmasin, Amin Sholeh, saat ini pihaknya dalam proses menunggu distribusi kartu berlogo GPN dari kantor pusat.

"Yang pasti tidak lama lagi, nanti setelah dikirim akan mulai di distribusikan ke nasabah di sini," kata Amin.

Dengan konsep GPN, nasabah adalah pihak yang paling diuntungkan karena GPN berlaku sebagai kanal pembayaran yang terhubung dan dapat digunakan penyelenggara jasa (perbankan) secara bersama-sama.

Melalui sistem GPN masyarakat nasabah perbankan tak perlu lagi kesulitan menemukan ATM dari bank penerbit kartunya.

Baca: Setahun Julia Perez Pergi, Gaston Castano Makin Galau dan Bilang Jupe My Angel

Dijelaskan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Herawanto, melalui GPN kartu bisa digunakan di seluruh fasilitas ATM maupun mesin electronic device capture (EDC) dari bank manapun di Indonesia yang sudah berlogo GPN.

Dengan demikian tentunya dorong masyarakat semakin mudah manfaatkan sistem pembayaran dan transaksi non tunai.

Tak hanya bagi para nasabah konsumen, GPN juga permudah nasabah sebagai merchant karena pedagang tak perlu lagi sediakan banyak mesin EDC untuk setiap bank.

Efisiensi pun dapat ditingkatkan karena pemrosesan transaksi dengan sistem GPN dilakukan di dalam negeri dan dilakukan oleh lembaga switching domestik. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved