Berita Internasional

Sehari Jelang Pertemuan AS-Korut, Tiba di Singapura Trump dan Kim Naik Penerbangan Terpisah

Kim Jong Un tiba terlebih dahulu menggunakan pesawat Boeing 747 milik maskapai Air China sekitar pukul 14.40 waktu setempat.

Sehari Jelang Pertemuan AS-Korut, Tiba di Singapura Trump dan Kim Naik Penerbangan Terpisah
Kolase Kompas.com
Kim Jong Un dan Donald Trump 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SINGAPURA -Sehari lagi, pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan digelar besok, Selasa (12/6/2018).

Sehari jelang pertemuan, pemimpin kedua negara telah tiba di Singapura, pada Minggu (10/6/2018), dalam penerbangan yang terpisah.

Kim Jong Un tiba terlebih dahulu menggunakan pesawat Boeing 747 milik maskapai Air China sekitar pukul 14.40 waktu setempat.

Menurut laporan media Korea Utara, Kim berangkat dengan didampingi Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho, Menteri Pertahanan No Kwang Chol dan saudara perempuannya Kim Yo Jong.

Sementara Presiden Donald Trump tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan, Air Force One dan mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Singapura di Paya Lebar sekitar pukul 20.20 waktu setempat.

Baca: Galang Hendra Cetak Sejarah di WolrdSSP300, Juara, Indonesia Raya Berkumandang di Brno

Baca: Hasil Austria vs Brasil : Skor Akhir 0-3, Coutinho dan Neymar Cetak Gol

Trump berangkat menuju Singapura seusai menghadiri pertemuan KTT G7 di Kanada. Walaupun sudah sama-sama berada di Singapura, Trump dan Kim diyakini belum akan saling bertatap muka hingga Selasa (12/6/2018) besok dalam pertemuan yang diagendakan di Hotel Capella di Pulau Sentosa.

Rangkaian pertemuan dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 pagi waktu Singapura. Selama di Singapura kedua pemimpin negara itu akan menginap di hotel yang berbeda. Kim menginap di Hotel St Regis, sementara Trump bermalam di Hotel Shangri-La.

Setibanya di Singapura, Trump mengungkapkan perasaanya akan pertemuan dengan Kim yang menurutnya akan berjalan dengan lancar.

"Sangat bagus," kata Trump singkat saat menjawab pertanyaan wartawan yang telah menunggunya di Pangkalan AU Paya Lebar.

Baca: Video Penangkapan Pelaku Pembunuhan Wanita Yang Disimpan Dalam Box, Pelaku Akui Melihat Hantu?

Baca: Pembunuh Wanita Dalam Box di Sungai Tabuk Tertangkap, Ternyata Ini Identitas Orangnya

Sebelum pertemuan pada Selasa, kedua pemimpin negara akan menjalani agenda masing-masing, di antaranya Presiden Trump yang akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura.

Melansir dari Reuter.com yang mengutip media Korea Utara, KCNA, pertemuan antara Trump dengan Kim pada Selasa (12/6/2018) akan membahas sejumlah isu penting yang telah direncanakan sebelumnya, di antaranya terkait perdamaian di Semenanjung Korea serta denuklirisasi.

Pertemuan tersebut akan menjadi pertemuan bersejarah yang baru pertama kalinya terjadi antara presiden AS dengan pemimpin berkuasa di Korea Utara sejak berakhirnya Perang Korea pada 1953.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sehari Jelang Pertemuan AS-Korut, Trump dan Kim Sudah Berada di Singapura"
(Penulis : Agni Vidya Perdana/KOMPAS)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved