Asian Para Games 2018

Timnas Boccia Agendakan Training Camp ke Korea Sebelum Laga Asian Para Games 2018

"Rencana kami akan melakukan training camp ke Korea, pada 23-31 Juli 2018. Hal ini untuk memaksimalkan persiapan"

Timnas Boccia Agendakan Training Camp ke Korea Sebelum Laga Asian Para Games 2018
Istimewa
Timnas boccia yang dipersiapkan di ajang Asian Para Games 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Nasional (Timnas) boccia Indonesia, tengah mempersiapkan diri menyongsong perhelatan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Timnas boccia sendiri dimanajeri oleh Kepala Biro Klasifikasi atlet NPC Kalsel, dr Ferry Kustono. Selain latihan rutin, ia mengagendakan pemusatan latihan di luar negeri.

"Rencana kami akan melakukan training camp ke Korea, pada 23-31 Juli 2018. Hal ini untuk memaksimalkan persiapan menjelang Asian Para Games," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: MotoGP Catalunya 2018 - Marc Marquez Tak Mau Santai Soalnya Pembalap Lain Ancam Posisinya

Kendati dimanajeri oleh Ferry Kustono yang notabene asli banua, belum ada atlet dari Kalsel yang menekuni olahraga ini secara intensif.

"Harapan kami Kalsel harus punya atlet boccia, yang diproyeksikan tampil di Asean Para Games 2019, di Manila, Filipina," ucap pria yang berprofesi sebagai direktur RSUD Balangan ini.

Baca: Video Penangkapan Pelaku Pembunuhan Wanita Yang Disimpan Dalam Box, Pelaku Akui Melihat Hantu?

Ditambahkannya, pihak NPC Kalsel ke depannya bakal menjaring serta melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet yang tersebar di kabupaten/kota se Kalsel.

Baca: Jadwal Piala Dunia 2018 Rusia : Ini Daftar Lengkap, dari Penyisihan Hingga Final

Boccia merupakan olahraga difabel yang terbilang baru, yakni diperkenalkan pada 2017 lalu. Boccia adalah olahraga lempar bola untuk penyandang disabilitas celebral palsy (CP), CP sendiri ialah gangguan sistem saraf otak yang menggangu sistem motorik seseorang.

Cara bermainnya yakni atlet beradu lempar bola hingga ada satu pemenang, satu game umumnya digelar dalam empat set. Terdapat tiga warna bola, putih, merah, dan biru, bola putih disebut sebagai jack atau titik untuk mengukur jauhnya lemparan.

Tiap pemain memegang bola berbeda warna, merah atau biru masing-masing sebanyak enam bola. Penentuan poin atlet ditentukan dari enam kesempatan lemparan yang paling mendekati jack. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help