Bumi Antaluddin

Kelompok Tani di HSS Dapat Bantuan Alsintan

Penyerahan ratusan Alsintan kepada para petani melalui kelompok tani (Poktan) itu sudah dilakukan sebelum cuti bersama lebaran.

Kelompok Tani di HSS Dapat Bantuan Alsintan
kominfo HSS
Plt Bupati HSS Ardiansyah menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kandangan HSS 

KANDANGAN - Ratusan petani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan bantuan peralatan dan mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bantuan Alsintan yang diberikan berupa jenis cultivator dan pompa air yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018.

Penyerahan ratusan Alsintan kepada para petani melalui kelompok tani (Poktan) itu sudah dilakukan sebelum cuti bersama lebaran.

Untuk Cultivator yang dibagikan ada sebanyak 50 unit dan pompa air portable sebanyak 100 unit. 

Peralatan Alsintan itu dibagikan kepada 58 kelompok tani yang tersebar di delapan Kecamatan di Kabupaten HSS. Secara simbolis penyerahannya sudah dilakukan oleh Plt Bupati HSS Ardiansyah di halaman Kantor Dinas Pertanian HSS.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) HSS, Fathurahman mengatakan bahwa ratusan alsintan yang dibagikan kepada para kelompok tani itu untuk mendukung pengembangan cabai merah besar dan cabai rawit di HSS.  

Bantuan cabai itu diberikan Dirjen Hortikutura Kementrian Pertanian seluas 100 hektare menggunakan dana APBN 2018.

Plt Bupati HSS Ardiansyah dan Kadis Pertanian HSS
Plt Bupati HSS Ardiansyah dan Kadis Pertanian HSS Fathurahman (Kominfo HSS)

"Untuk pengembangan cabai  besar akan dilakukan pada 50 hektare dan 50 hektare lagi untuk cabai rawit yang tersebar di delapan Kecamatan di Kabupaten HSS," katanya, Selasa, (12/6).

Rinciannya yakni Kecamatan Kandangan seluas delapan hektare dengan empat poktan, Kecamatan Sungai Raya seluas 16 hektare dengan 11 poktan.

Kecamatan Simpur seluas 16 hektare dengan 10 poktan, Kecamatan Kalumpang seluas dua hektare dengan satu poktan, Kecamatan Angkinang seluas 14 hektare dengan delapan poktan, Kecamatan Telaga Langsat seluas 18 hektare dengan sembilan poktan.

Kecamatan Padang Batung seluas 20 hektare dengan 10 poktan dan Kecamatan Loksado seluas enam hektare dengan lima poktan.

Suasana penyerahan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kandangan HSS
Suasana penyerahan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kandangan HSS (kominfo HSS)

Plt Bupati HSS H Ardiansyah mengatakan bantuan yang diberikan pemerintah diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani di HSS.

"Semoga dengan adanya bantuan alsintan ini kepada para petani di HSS, dapat meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten HSS,” katanya.

Pengembangan cabai di Kabupaten HSS sebagai upaya pemerintah untuk mencari alternatif peningkatkan usaha pertanian dibidang lain, selain tanaman padi. (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help