Pertemuan Donald Trum dan Kim Jong Un

Kenakan Jas Hitam dan Dasi Merah, Tanpa Senyum Donald Trump Tiba di Hotel Capella

Trump meninggalkan penginapannya pukul 08.00 waktu Singapura menuju Hotel Capella dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Kenakan Jas Hitam dan Dasi Merah, Tanpa Senyum Donald Trump Tiba di Hotel Capella
AFP PHOTO
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SINGAPURA - Hanya dalam hitungan beberapa menit kedepan, pertemuan bersejarah Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong Un bakal terjadi.

Donald Trump dan Kim Jong Un tiba di Hotel Capella, Pulau Sentosa. Keduanya akan membuat sejarah pada Selasa (12/6/2018), sebab pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya bagi pemimpin AS dan Korut untuk bertatap muka, berjabat tangan, dan negosiasi mengakhiri senjata nuklir.

Trump meninggalkan penginapannya pukul 08.00 waktu Singapura menuju Hotel Capella dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Pertemuan keduanya akan dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, atau pukul 08.00 WIB. Tiba di Hotel Capella, Trump tampak mengenakan jas hitam dengan dasi merah. Tak ada senyuman di wajahnya. Begitu mobil kepresidenan sampai di depan lobi, dia segera masuk ke dalam hotel. 

Baca: Jelang Bertemu Kim Jong Un, Presiden AS Donald Trump Dapat Kejutan Kue Ultah dari PM Singapura

Trump dan Kim menginap di hotel yang berbeda. Jika Kim Jong Un menginap di Hotel St Regis, maka Trump menginap Hotel Shangri-La. Hotel tersebut merupakan hotel bintang lima jaringan internasional di Singapura. Trump dan Kim dijadwalkan akan makan siang bersama. Kemudian, pada pukul 16.00 waktu setempat, orang nomor satu di AS itu akan melakukan konferensi pers.

"Kita akan segera mengetahui apakah akan sepakat atau tidak," kicau Trump.

Straits Times mewartakan, sekitar 10 juru kamera asal AS dan lima juru kamera dari Korea Utara, bersama dengan lima jurnalis dari Singapura menanti kemunculan Trump dan Kim Jong Un.

Pemerintah Singapura menggelontorkan biaya sekitar 20 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 209 miliar untuk mengadakan pertemuan bersejarah antara AS dan Korut. Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyatakan, setengah dari dana tersebut dikeluarkan untuk biaya keamanan.

Baca: Jelang Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un, Ternyata Hampir Bersamaan Ultah Trump, Ini Tanggalnya

Menurut Lee, keamanan tidak hanya melibatkan polisi di sekitar lokasi pertemuan, namun juga untuk mengamankan wilayah laut, udara, dan darat.

"Jadi ini operasi yang sangat besar, karena pertemuan kali ini berprofil tinggi dan kami tidak boleh melakukan kesalahan," ucapnya.

Singapura merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki hubungan diplomatik antara AS dan Korut. Beberapa menit lagi, pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim Jong Un akan segera berlangsung.

(Penulis : Veronika Yasinta/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump dan Kim Jong Un Tiba di Hotel Capella"


Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help