Idul Fitri 2018

Lonjakan Penumpang Kapal Laut Jelang Idul Fitri 2018 Mencapai 700 Persen

Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, kini tinggal tiga hari lagi. Menjadi tradisi bagi masyarakat untuk menjalaninya

Lonjakan Penumpang Kapal Laut Jelang Idul Fitri 2018 Mencapai 700 Persen
Banjarmasinpost.co.id/Abdul Ghani
GM Pelindo III Banjarmasin, Recky Julius saat berdiskusi dengan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina tentang arus mudik 2018, Selasa (12/6/2018) siang tadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, kini tinggal tiga hari lagi. Menjadi tradisi bagi masyarakat untuk menjalaninya bersama keluarga.

Terminal dan pelabuhan pun menjadi ramai didatangi para calon pemudik demi bisa kembali ke kampung halamannya.

Sementara, GM Pelindo III Banjarmasin, Recky Julius tidak menampik hingga kini kenaikan penumpang di pelabuhan Trisakti Banjarmasin mengalami lonjakan sangat drastis atau hingga 700 persen.

Berdasarkan perhitungan pihaknya, total penumpang yang sudah terdata menaiki transportasi kapal laut sejak dari H-15 lalu, terdata mencapai 10.897 orang.

Baca: Lafadz Niat Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya untuk Diri Sendiri, Istri Hingga Anak

"Saat ini di pelabuhan Trisakti, menyediakan lima kapal, diantaranya tiga operator. Kemungkinan di hari ini akan datang lagi dua kapal di pukul 01.00 sampai jam 02.00. Dan penumpang pun akan terus berdatangan, meskipun saya perhatikan, mereka tidak datang sekaligus menjadi satu, melainkan hanya kumpul saat kapal sudah datang. Itu dikarenakan calon penumpang tidak hanya dari Banjarmasin melainkan luar Kalsel," jelasnya.

Disinggung apakah akan ada kapal tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang nantinya, Recky menegaskan sampai saat ini belum. Pasalnya, dari seluruh penumpang yang akan berangkat, kini telah terakomodir atau terangkut tuntas ke kota tujuannya.

Baca: AFC Beri Denda pada PSSI Gara-gara Lalai Soal Pertandingan Sriwijaya FC

"Tapi kalau memang kapasitas tadi kapal yang beroperasi belum mengakomodir atau masih banyak terlantar, itu pasti dari pemerintah atau pihak terkait, memberikan kapal bantuan seperti kapal angkatan TNI angkatan laut atau kapal kapal lain-lainnya," jelasnya.

Ia juga menegaskan sampai saat ini situasi di pelabuhan Trisakti Banjarmasin masih kondusif. Ia berjanji akan terus mengusahakan seluruh penumpang bisa terangkut dan berangkat sesuai dengan harapan ke kota tujuan.

"Untuk puncak arus mudik, dari tadi malam sudah terjadi. Bahkan satu kapal bisa sampai 2 ribuan penumpang," jelasnya. (BANJARMASINPOST.CO.ID /A RIZKI ABDUL GANI)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved