Ramadhan Zaman Now

Trik Berpuasa di Akhir Ramadhan Agar Tidak Berat

mendekati berakhirnya Ramadhan, tentu kita merasakan kelelahan fisik dan kadang kala muncul kejenuhan dalam berpuasa

Trik Berpuasa di Akhir Ramadhan Agar Tidak Berat
istimewa
Rissa Saputri SGz, Nutrisionis RSUD dr H Moch Ansari Saleh Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Semakin mendekati berakhirnya Ramadhan, tentu kita merasakan kelelahan fisik dan kadang kala muncul kejenuhan dalam berpuasa, terutama terhadap rutinitas bersahur.

Bangun dan menyiapkan makanan sahur menjadi suatu tantangan berat di hari-hari terakhir Ramadhan.

Padahal, momen 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah waktu terbaik dalam berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Nutrisionis RSUD dr H Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Rissa Saputri SGz menjelaskan, kelelahan dan kejenuhan tersebut perlu segera diatasi agar dapat beribadah secara maksimal.

"Kelelahan fisik di hari-hari terakhir Ramadhan wajar terjadi. Hal ini disebabkan penurunan asupan makan selama berpuasa dan berkurangnya jumlah waktu tidur terutama di malam hari," jelasnya.

Baca: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Hal ini dapat disiasati dengan tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang selama berpuasa, mengatur waktu tidur siang, menambah jumlah waktu makan menjadi 3 kali makan utama; sahur, berbuka dan setelah sholat tarawih.

Selalu menyediakan asupan serat yaitu sayur dan buah-buahan saat makan utama, terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu jambu biji, pepaya, kiwi, nanas, stroberi, dan jeruk.

"Minum air putih yang cukup yaitu 8 gelas per hari, tetap mengurangi asupan gula-garam-lemak," ujar Risa.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari ke 27, Selasa, 12 Juni 2018 di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Kota Lain

Hindari makanan instan karena makanan instan tidak mengandung zat-zat gizi mikro yang cukup untuk tubuh yaitu vitamin dan mineral, selain itu makanan instan secara umum mengandung tinggi garam yang memicu tubuh untuk sering buang air kecil sehingga berisiko dehidrasi.

Kejenuhan terhadap rutinitas sahur juga dapat diatasi dengan menghidangkan menu sahur yang lebih menarik namun tetap praktis untuk diolah.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help