Berita HST

Yayasan Al Umm Bagikan 1.130 Paket Sembako untuk Penarik Becak dan Pasukan Kuning

Ratusan penarik becak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendatangi masjid Al Umm di Kompleks Masjid Al Umm Bulau Indah Baru.

Yayasan Al Umm Bagikan 1.130 Paket Sembako untuk Penarik Becak dan Pasukan Kuning
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pembagian paket sembako untuk tukang becak dan pasukan kuning di Masjid Al Umm Barabai HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BARABAI - Ratusan penarik becak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendatangi masjid Al Umm di Kompleks Masjid Al Umm Bulau Indah Baru, Banua Binjai, Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa (12/6/2018). Mereka diundang pengurus Yayasan Al Umm untuk menerima paket sembako serta uang tunai masing-masing 100 ribu.

Para penarik becak yang biasa mangkal di pasar Barabai serta beberapa tempat lainnya itupun terlihat gembira menerima paket sembako senilai Rp 110 ribu dan uang tunai tersebut. Mereka terlihat tertib, dan sabar menunggu giliran dapat sembako, tanpa berdesakan atau rebutan. Panitia telah mengatur waktu pembagiannya dengan memberikan batas waktu mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 wita.

Ketua Yayasan Al Umm, ustadz Hasbi Ridhani didampingi ustadz Enggo kepada banjarmasinpost.co.id menjelaskan, program berbagi ini dilaksanakan rutin tiap tahun, dan sudah diselenggarakan lima kali. Namun Ramadhan 1439 hijriah ini pembagian terbanyak jumlah paket yang dibagikan.

Baca: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Selain penarik becak, sasaran program berbagi sembako dan uang tunai ini adalah pasukan kuning (sebutan untuk petugas kebersihan di bawah Pemkab HST). Untuk penarik becak, ditargetkan untuk 500 paket. Sedangkan untuk pasukan kuning, kata Hasbi ditargetkan 200 paket plus uang tunai Rp 85 ribu per orang.

"Motivasi kami berbagi dengan saudara-saudara kita agar mereka juga merasakan kebahagiaan. Kita ingin mereka merasakan nikmatnya idul fitri. Saa pulang salat id, ada yang dihidangkan untuk keluarga, dari bantuan sembako yang diberikan,"jelas Ustadz Hasbi. Khusus untuk pasukan kuning, paket sembakonya dibagikan Rabu besok, 13 Juni 2018. Adapun sisanya, disalurkan kepada masyarakat umum tak mampu di sekitar masjid yaitu warga Bulau Indah dan Banua Budi.

Mengenai dana untuk bantuan sembako tersebut, Hasbi menjelaskan, totalnya 210 juta, berasal dari sumbangan atau donasi jemaah maupun masyarakat umum lainnnya, baik dari daerah HST maupun luar daerah hingga warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

"Jadi donatornya dari muslimin se -Indonesia.Programnya kami sampaikan melalui media sosial, Alhamdulillah kami dipercaya mengelola dana untuk berbagi paket sembako tersebut,"jelasnya. Ditambahkan, selain program berbagi sembako dalam rangka menyambut lebaran idul fitri 1439 Hijriah, pihaknya juga diberi amanah oleh masyarakat donator untuk menyelenggarakan buka puasa bersama di Masjid Al Umm, dengan anggaran hampir Rp 5 juta per hari.

Masjid Al Umm HST berdiri 2012, dan diresmikan 2013 silam. Di masjid ini juga menyelenggarakan kajian rutin dengan delapan kali pertemuan tiap pekannya. Yayasan ini juga memiliki Gedung Sekolah Dasar Tahfizul Quran, Tahfiz Usia Dini Sahabat Al Quran, serta Rumah Tahfiz untuk jenjang pendidikan SMP. Menurut Ustadz Hasbi, Yayasan Al Umm tak hanya punya misi mengemban dakwah. Tapi juga turut serta berkontribusi riil dalam membangun pendidikan, sosial dan ekonomi yang berorientasi Quran. "Untuk peran ekonomi, kami berupaya membangun ekonomi internal dulu,"katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help