Idul Fitri 2018

22 Titik Rawan Lakalantas Wajib Diwaspadai Pemudik, Paling Banyak Jalur Arah Jorong dan Kintap

Sebanyak 22 titik jalan kondisinya rusak seperti berlubang, bergelombang, bekas tambalan aspal, aspalnya terkelupas dan kubangan

22 Titik Rawan Lakalantas Wajib Diwaspadai Pemudik, Paling Banyak Jalur Arah Jorong dan Kintap
Istimewa
Selama libur ramadan, UPT Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut membuka layanan uji kelaikan angkutan barang dan angkutan umum hingga 13 Juni 2018 ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 22 titik jalan kondisinya rusak seperti berlubang, bergelombang, bekas tambalan aspal, aspalnya terkelupas dan kubangan bila hujan karena tak ada drainase di sisi jalannya itu tersebar di Jalan Nasional, Provinsi dan Kabupaten.

Data itu diekspos pengawasan sarana dan prasarana lalulintas angkutan jalan di wilayah Kabupaten Tanahlaut pada Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (13/6/2018).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut, Andris Evony dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, membenarkan bahwa data itu diperoleh satu bulan menjelang arus mudik dan arus balik lebaran 2018.

Menurut Andris Evony, data kondisi jalan di wilayah Kabupaten Tanahlaut itu paling rawan justru jalan nasional yang peliharaannya kewenangan Balai Jalan Departemen Pekerjaan Umum. Jalan itu merupakan jalan arteri jalir mudik di Tanahlaut.

Baca: Niat Zakat Fitrah Beserta Hukum dan Batas Waktu Membayar Zakat Fitrah Idul Fitri 2018

Antisipasi lonjakan arus mudik, ungkap Andris Evony, Pemerintah Kabupaten Tanahlaut menyediakan sarana angkutan lebaran gratis yang direncanakan H minus 2 dan H plus 2. Itu dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam bertransportasi.

"Imbauan saya bagi para pemudik agar berhati hati jika melintas di wilayah Jorong dan Kintap. Kondisi jalannya bergelombang, banyak tikungan dan kurangnya rambu lalu lintas serta penerangan jalan," katanya.

Khusus akses jalan menuju obyek wisata pantai Batakan dan pantai Takisung, Andris Evony mengaku kondisinya relatif baik. Itu karena pemeliharaan jalan dikerhakam Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

"Pengunjung ke pantai Batakan atau Pantai Takisung relatif kondisinya baik," katanya.

Baca: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, 20 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018 untuk Sahabat dan Lainnya

Diakui Andris Evony, akses jalan pintas dari Batakan menuju Takisung, melalui Desa Tanjungdewa-Desa Kuala Tambangan kondisinya rusak parah.

Itu karena Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanahlaut akan mengerjakan pada awal 2019 nanti.

"Saya sarankan pengunjung obyek wisata pantai Batakan dapat melintas di jalan tembus Desa Sungairiam, Kecamatan Pelaihari-Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung," katanya.

Selama libur ramadan, Andris mengaku membuka pelayanan uji kelaikan angkutan barang dan angkutan umum hingga 13 Juni 2018 ini. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help