Obat Tradisional di Zaman Now

Ajaibnya Minyak Bubut, Tulang Patah pun Menyambung Lagi

Bersarang di semak belukar, bukan di atas pohon. Ciri khas burung ini adalah suaranya berbunyi...

Ajaibnya Minyak Bubut, Tulang Patah pun Menyambung Lagi
salmah
Toko Souvenir Kalimantan di komplek pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Postur tubuh burung ini mirip elang, namun sedikit lebih kecil. Burung pemakan ulat ini sayapnya berwarna coklat dan sisanya berwarna hitam sedikit berawarna kuning merah atau jingga serta mata berwarna kemerahan.

Bersarang di semak belukar, bukan di atas pohon. Ciri khas burung ini adalah suaranya berbunyi "but...but..but..." sehingga dinamakan burung bubut atau di negeri jiran Malaysia disebut burung but but.

Keunikan burung ini, konon, bisa menyembuhkan diri sendiri terutama jika terjadi patah tulang. Demikian pula indukan burung ini mampu menyembuhkan anak-anaknya yang patah tulang.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Karena keajaiban itulah unggas yang sering dijumpai di hutan Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Nias dan Mentawai ini kemudian diolah menjadi obat berupa minyak gosok sekaligus minyak yang dapat diminum.

Apar pemilik Toko Souvenir Kalimantan di komplek pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kalsel, yang menjual minyak bubut mengatakan bahwa khasiatnya sudah tersohor.

"Minyak bubut sering digunakan sebagai bahan pengobatan dan terbukti ampuh, sehingga produknya banyak dicari," ungkapnya.

Baca: Jelang Sidang Isbat Penentuan Lebaran Idul Fitri 2018/1439 H, Kemenag Rilis 97 Titik Rukyatul Hilal

Minyak burung bubut produk tradisional kemasan botol kecil itu dipasok dari Barabai dan Banjarmasin. Warnanya kuning kecoklatan dan beraroma khas.

Pengobatan patah tulang, minyak ini dipanaskan dan dioleskan di bagian sakit dan dibalur kain. Selain itu beberapa penyakit lain juga bisa disembuhkan antara lain wasir/ambeien.

Juga menormalkan darah tinggi dan lumpuh (stroke), diare dan keracunan makanan, luka-luka berdarah, tersiram air panas, luka bakar, disengat lipan, tawon dan lainnya.

"Minyak ini juga bagus untuk urut atau pijat. Pegal-pegal atau sakit pinggang, enak kalau sudah dioleskan dan dipijat dengan minyak bubut," tandas Apar.

Keajaiban burung bubut memang sebuah misteri. Namun yang jelas itulah anugerah Tuhan untuk kesehatan manusia.

Mengenai cara pengolahan minyak ini ada dua cara yang berkembang yaitu berbahan anakan burung bubut bersama sarangnya. Adapula berbahan daun tanaman merambat yang jadi sarang burung tersebut.

Selanjutnya, selain bersumber dari hewani juga banyak obat-obatan dari bahan nabati. Apa saja? Silakan menyimak tulisan selanjutnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help