Obat Tradisional di Zaman Now

Bijinya Keras Namun Isinya Memiliki Khasiat Menakjubkan

Biji seukuran kelereng ini merupakan barang langka yang hanya dapat ditemukan di gunung

Bijinya Keras Namun Isinya Memiliki Khasiat Menakjubkan
salmah
Biji buah bambu 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Batang bambu, daun bambu semua orang tahu bentuknya. Tapi biji buah bambu tidak semua orang yang tahu apalagi pernah melihatnya.

Biji seukuran kelereng ini merupakan barang langka yang hanya dapat ditemukan di gunung salah satunya kawasan Kalimantan.

Biji buah bambu ini sangat keras. Tak mudah memecahkannya meski dipukul dengan palu. Jadi perlu kesabaran memecahkannya agar bisa mengambil serbuk dalam biji yang pecah tersebut.

Baca: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Apar pemilik Toko Souvenir Kalimantan di komplek pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kalsel, mengatakan, biji buah bambu adalah termasuk obat tradisional.

"Barang ini langka karena mesti ke gunung untuk mendapatkannya. Karena langka itulah sering dicari pembeli yang tahu khasiatnya," terang Apar.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Serbuk putih dalam biji itu rasanya sangat pahit. Namun sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit yang sudah parah.

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan serbuk itu terutama penyakit asam urat, kencing manis, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, stroke, kolesterol tinggi dan penyakit parah lainnya.

"Jika sakit tulang, dipecah bijinya tumbuk sampai halus, masukan ke kapsul minum 3 kali sehari," terang Apar.

Cara lain, serbuknya juga bisa langsung ditelan agar mengurangi rasa pahit atau masukkan ke gelas kecil campur dengan air hangat sedikit saja.

Jika aturan minum 3 kali sehari tadi untuk pengobatan penyakit, berbeda kalau konsumsinya untuk menjaga kesehatan, cukup 1 kali saja sehari.

Itulah aneka kekayaan alam Indonesia yang banyak berkhasiat obat. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan mengolahnya agar bermanfaat bagi kesehatan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help