Berita Banjarmasin

Dinas Pendidikan Diminta Inventarisir Semua SD Rusak, Dana SD Pasar Lama 3 Dipangkas

"Ironisnya pada tahun anggaran 2018 dana perbaikan untuk SD Pasar Lama 3 itu dipangkas..."

Dinas Pendidikan Diminta Inventarisir Semua SD Rusak, Dana SD Pasar Lama 3 Dipangkas
edi nugroho
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Hj Noorlatifah SE 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin mengharapkan disdik kota setempat melakukan inventarisasi sekolah mana saja yang sudah tidka layak. Apalagi khususnya SDN pasar lama 3 ini sudah dua kali tahun anggaran gagal yakni 2016 hingga ke tahun anggaran 2018

"Ironisnya pada tahun anggaran 2018 dana perbaikan untuk SD Pasar Lama 3 itu dipangkas ke pembanguna RS Sultan Suriansyah," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Hj Noorlatifah SE, Rabu (13/6/18).

Menurut Lala, panggilan akrab Noorlatifah, perbaikan ruang kelas SDN Pasar Lama 3 itu jangan terkendala karene pemangkasan anggaran ke rumah sakit. Mestinya bisa di alokasikan di anggaran murni 2018 berdasarkan data inventaris tersebut karena perencanaan perbaikan sekolah yang rusak parah sudah menjadi prioritas.

Baca: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

"Kalau sudah ada inventarisir sekolah rehab/bangun prioritas, ke depan perencanaan penganggaran agar lebih matang," kata Lala.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Lala menyatakan dengan kejadian seperti ini, akhirnya membuat terganggunya proses belajar mengajar di SDN Pasar Lama 3.

Diharapkan di anggaran perubahan bisa menjadi prioritas untuk solusi kerusakan SDN terparah terpaksa menunggu anggaran perubahan.

Baca: Jelang Sidang Isbat Penentuan Lebaran Idul Fitri 2018/1439 H, Kemenag Rilis 97 Titik Rukyatul Hilal

Sebelumya, Kabid Pembinaan SD Dinas PendidikanKota Banjarmasin, Nuryadi, Spd, berjanji disdik akan menganggarkan perbaikan atau rehab SDN Pasar Lama 3 pada APBD 2019 mendatang. Untuk berapa jumlah rombel atau kelas yang diterima diserahkan sepenuhnya ke sekolah setempat.

"Kami persilahkan SDN Pasar Lama 3 menerima sebanyak tiga rombel, namun perlu ada inovasi dan kreatifitas sekolah untuk menfungsikan bangunan lain untuk ruang kelas," katanya.

Bisa saja, sambung Nuryadi, mushola difungsikan untuk ruang guru dan ruang guru dipakai untuk ruang kelas. Langkah ini bisa dijalankan SDN Pasar Lama 3 sambil menunggu perbaikan atau rehab dari SDN Pasar Lama 3.

Saat ini, sambungnnya, tak hanya SDN Pasar Lama 3 yang memberlakukan sistem shift untuk jam masuk sekolah, tapi juga sekolah lain seperti SDN Sungai Jinggah 4 dan SDN Basirih 1 karena kurangnya ruang kelas.

"Perberlakukan sistem shitf dalam sekolah karena kurangnya ruang kelas itu diperbolehkan dalam aturan Kemendikbud," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help