Kota Banjarmasin

DLH Imbau Masyarakat Bawa Lapak atau Sampahnya Pasca Ibadah Shalat Idul Fitri

Kebiasaan tahunan sejumlah sampah sisa-sisa lapak, entah Koran maunpun plastik bertebaran pada sejumlah masjid usai Shalat Id.

DLH Imbau Masyarakat Bawa Lapak atau Sampahnya Pasca Ibadah Shalat Idul Fitri
ist
Ilustrasi - Petugas kebersihan yang melihat sampah setelah sholat idul fitri 

BANJARMASINPOST.CO,ID, BANJARMASIN- Seolah sudah menjadi kebiasaan tahunan sejumlah sampah sisa-sisa lapak, entah Koran maunpun plastik bertebaran pada sejumlah masjid. Apalagi masjid-masjid besar setelah melaksanakan solat ied atau sholat hari Raya Idul Fitri.

Hal itu rupanya terjadi pula di Kota Banjarmasin setiap tahunnya. Bahkan tak lelah isntansi terkait memberikan sosialisasi imbauan agar masyarakat lebih menjaga kebersihan. Selain itu membawa lapak mereka ketika selesai beribadah.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Maflani menerangkan, terlihatnya banyak sampah setelah ibadah di sejumlah masjid sudah menjadi masalah tahunan. Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan dan menjaga tempat itu menurutnya masih menjadi kendala.

Baca: Niat Zakat Fitrah Lebaran Idul Fitri 2018 dan Ketentuannya

Selain itu, setiap tahun pula DLH selalu menurunkan sejumlah personil kebersihan dan armada khusus pada beberapa masjid yang banyak jamaahnya. Sehingga melalui bantuan petugas tersebut, kebersihan di Kota Banjarmasin pun tetap terjaga.

“Kami sudah memberikan imbauan kepada masyarakat, melalui media sosial,foto-foto berisikan imbauan agar masyarakat membawa sampah atau lapak mereka. Kemudian juga membuang sampah pada tempatnya,” jelas Maflani.

Ia mengatakan petugas kebersihan yang diturunkan merupakan petugas yang dipilih. Ia juga berharap adanya dukungan dari pihak kecamatan dan kelurahan untuk menurunkan satgas kebersihan mereka.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved