Berita Tanahlaut

Dua Hektare Lahan Tidur di Desa Gunungraja Terbakar, Ini Kendalanya

Sekitar dua hektare lahan tidur di Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Rabu (13/6/2018)

Dua Hektare Lahan Tidur di Desa Gunungraja Terbakar, Ini Kendalanya
Istimewa
Sekitar dua hektare lahan tidur di Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Rabu (13/6/2018) terbakar hebat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sekitar dua hektare lahan tidur di Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Rabu (13/6/2018) terbakar hebat.

Beruntung dalam musibah kebakaran itu tidak terdapat korban jiwa. Diduga hanya benih ikan tawar yang musnah akibat kebakaran tersebut.

Kepala Desa Gunungraja, Samsiar mengaku sekitar dua hektar lahan tidur yang ditumbuhi rumput, kerap disebut rumput bundung terbakar habis di wilayah lingkungan RT 1 hingga RT 6.

Lahan yang terbakar itu kerap dikunjungi para mancing mania yang berburu ikan tawar, jenis ikan gabus dan ikan sungai lainnya.

Baca: Niat Zakat Fitrah Beserta Hukum dan Batas Waktu Membayar Zakat Fitrah Idul Fitri 2018

Samsiar mengaku selama ini, warga Desa Gunungraja tidak mendapatkan cara menanggulangi ancaman bahaya kebakaran lahan dan bantuan sarana prasaran penunjang pemadam kebakaran.

"Mohon warga kami mendapatkan pelatihan bahaya kebakaran lahan, teknik bagaimana pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran lahan. Setiap tahun lahan bundung di Desa Gunungraja selalu terbakar dan menimbulkan kabut asap," katanya.

Baca: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, 20 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018 untuk Sahabat dan Lainnya

Personel gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanahlaut, Polres Tanahlaut dan Kodim 1009 Pelaihari serta regu relawan pemadam berjibaku.

Sekitar dua jam, kebakaran lahan tidur itu berhasil dipadamkan. Ancaman kebakaran masih terjadi karena asap putih masih terlihat. Lahan bundung menyimpan bara api karena pemadaman air itu diduga hanya dipermukaan saja, tidak menembus akar rumput bundung. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved