Obat Tradisional di Zaman Now

Duri Landak Dipercaya Bisa Penghalau Jin dan Usir Penyakit

Ternyata, masyarakat zaman dulu kerap memanfaatkan duri landak ini untuk berbagai keperluan pengobatan dan perlindungan diri.

Duri Landak Dipercaya Bisa Penghalau Jin dan Usir Penyakit
salmah
Duri Landak dipercaya bisa jadi penghalau jin 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Landak. Menyebut nama hewan satu ini rasanya ingin bergidik. Soalnya terbayang dengan duri-duri di tubuh hewan hutan ini yang semuanya menyeruak tatkala ada bahaya mengancam.

Ternyata, masyarakat zaman dulu kerap memanfaatkan duri landak ini untuk berbagai keperluan pengobatan dan perlindungan diri.

Ya, masyarakat tradisional di Kalimantan, mempercayai duri landak dapat menolak bala, penghalau gangguan gaib atau melemahkan ilmu hitam yang berasal dari luar.

Baca: Obat Tradisional yang Terus Dicari Hingga Sekarang, Meskipun Banyak yang Sudah Langka

Contoh penggunaan, duri landak ditempelkan ke bagian tubuh orang yang kesurupan, di antaranya telapak tangan atau kaki, maka makhluk halus segera keluar dari tubuh orang yang dirasuki.

Ada juga yang menggunakan duri landak untuk pengobatan penyakit dengan cara sebagai alat pijat refleksi atau totok syaraf.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Tentu tak mudah mendapatkan duri landak ini. Biasanya didapatkan di hutan dari landak yang sudah mati. Setelah dikuliti dan dicabut, duri ini pun dikumpulkan untuk dijual.

Apar pemilik Toko Souvenir Kalimantan di komplek pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kalsel, menjelaskan, duri landak ini ada dari hutan di Kalsel dan adapula dari Kaltim.

"Pasokan duri landak ini tidak menentu, tergantung hasil yang dikumpulkan para pemasok yang umumnya dari wilayah perdesaan," ujar Apar.

Duri-duri tersebut panjangnya bervariasi, antara lima sentimeter sampai sepuluh sentimeter. Bentuknya keras dan ujungnya tajam. Warnanya paduan hitam dan putih.

"Ada bermacam penyakit yang bisa disembuhkan dengan duri landak. Benar tidaknya, ya tergantung keyakinan masing-masing," tukas Aspar.

Beberapa cara memanfaatkan duri landak, selain dibuat ramuan, biasanya dari landak ini pun dibikin minyak ekstrak.

Salah satu contoh, untuk mengobati masuk angin atau menyamak, caranya duri landak dibakar hingga menjadi abu. Kemudian dioleskan pada perut atau bagian yang sakit.

Selain duri landak, adapula minyak lintah yang jadi obat. Bagaimana bisa, lintah yang suka menempel di kulit dan mengisap darah ini bisa dijadikan obat? Mari simak tulisan berikutnya ya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help