Berita Banjarmasin

Fenomena Sosial Manusia Musiman Masih Terlihat, Pemko Harus Bertindak Tegas

Ia membagikan sejumlah nasi bungkus kepada orang-orang dipinggir jalan, yang ia lihat cukup layak mendapatkan santunan.

Fenomena Sosial Manusia Musiman Masih Terlihat, Pemko Harus Bertindak Tegas
banjarmasinpost.co.id/istri rohayanti
Anggota DPRD Kota Banjarmasin Sri Nurnaningsih ketika membagikan nasi bungkus 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Berawal dari kepedulian dan mencoba melihat kondisi Banjarmasin kala sahur, Anggota Komisi IV Kota Banjarmasin, Sri Nurnaningsih mengitari Kota Banjarmasin, Rabu (13/6/2018) dinihari.

Ia membagikan sejumlah nasi bungkus kepada orang-orang dipinggir jalan, yang ia lihat cukup layak mendapatkan santunan. Bahkan perempuan itu juga mendatangi kawasan TPS di Jalan Pangeran Hidayatullah dan sejumlah tempat pembuangan sampah lainnya untuk membagikan nasi bungkus.

Melihat kondisi Kota Banjarmasin dinihari itu, Sri pun merasa iba pada sebagian orang tersebut. Namun ia juga memperhatikan sejumlah warga yang seolah berniat menanti pemberian dari orang-orang yang ingin bersedekah kala sahur.

Baca: Hari lebaran 2018, Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H, Kemungkinan Jatuh Hari Jumat 15 Juni 2018

"Melihat kondisi Ramadhan ketika sahur di Banjarmasin, aku melihat sebagian memang ada yang benar-benar perlu bantuan. Tapi ada sebagian yang memanfaatkan situasi di moment bulan ramadhan ini," ucap perempuan yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin itu.

Ia mengatakan bisa saja orang-orang itu sengaja dan datang musiman. Namun juga ada pemulung yang benar-benar mengharapkan bantuan.

Dalam hal ini, Sri pun meungkapkan kalau perlu kejelian dalam memberikan santunan. Sehingga tepat sasaran. Terlebih, di bulan Ramadhan ia katakan banyak fenomena sosial yang bermunculan. Termasuk adanya manusia gerobak yang berkeliaran di Kota Banjarmasin.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Baginya, saat ini ketegasan pemerintah sangatlah dibutuhkan. Apalagi keberadaan manusia musiman ini sudah setiap tahun. Artinya agar ke depannya terhindar, maka pemerintah melalui Dinas Sosial dan Satpol PP perlu memberikan ketegasan, utamanya dalam menegakan Perda.

Lantas, kepada warga Kota Banjarmasin, Sri pun mengimbau agar jeli untuk memberikan infak dan sedekahnya. Apabila ingin bersedakah pula, ia pun menyarankan untuk ke lembaga resmi sehingga tepat sasaran.

"Silakan berbagi di bulan Ramadhan, tapi jangan sampai memanjakan para manusia musiman," ungkap Sri.

Terlepas dari itu, ia pun menyampaikan sahur on the road yang ia lakukan dinihari tersebut lebih kepada keinginan berbagi kepada sesama. Khususnya mereka yang berada di kalangan ekonomi menengah ke bawah.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help