Berita Tanahbumbu

Jembatan Batuharang Akhirnya Selesai, Warga Desa Mantewe Tak Terisolasi lagi

Kini, jembatan yan dibangun menggunakan konstruksi kayu ulin dan pilar beton ditengah sungai dengan lebar 3 meter

Jembatan Batuharang Akhirnya Selesai, Warga Desa Mantewe Tak Terisolasi lagi
man hidayat
Pembangunan jembatan kampung Batu Harang di Desa Mantewe Kecamatan Mentewe akhirnya selesai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pembangunan jembatan kampung Batu Harang di Desa Mantewe Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu akhirnya selesai juga dikerjakan sebelum lebaran.

Kini, jembatan yan dibangun menggunakan konstruksi kayu ulin dan pilar beton ditengah sungai dengan lebar 3 meter, panjang bentang sekitar 30 meter, sudah bisa dilalui. Meski jembatan ini sifatnya hanya sebagai jembatan darurat, namun bisa di lewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Kendaraan yang boleh melewatinya memang tidak semua bisa. Sebab untuk roda empat hanya mobil jenis kecil atau mobil keluarga yang bisa melewatinya.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini


Satu di antara warga Batu Harang, Hudari mengatakan, selesainya jembatan ini sangat bermanfaat bagi kami warga RT 7 Desa Mantewe, terutama anak sekolah yang ada ditempat itu.

Kembali tersambungnya jembatan ini, para pelajar sekolah tidak perlu lagi menggunakan lanting untuk menyeberang sungai. Mereka tak perlu lagi berkeliling, Selain itu juga, Hudari mengungkapkan selama jembatan ini putus sekitar 150 kk seperti terisolir.

"Kesulitannya, bila kami mau ke ibukota kecamatan atau ke kabupaten menggunakan mobil, harus melewati jalan kebun sawit, dan kondisi jalannya sangat sakit dan jaraknya lebih jauh", keluh hudari.

Namun dengan selesainya pembangunan ini, akses kini lebih mudah dan nyaman. Mereka tak perlu bersusah payah berkeliling atau mengggunakan rakit menyebranggi sunggai.

Baca: Detik-detik Jelang Piala Dunia 2018, Tragedi Mengerikan Terjadi di Rusia, 11 Orang Tewas!


Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Tanbu, Roy Rizali Anwar, mengatakan, jembatan darurat ini bisa selesai sesuai keinginan warga setempat, yakni sebelum lebaran. Roy juga menyampaikan permintaan maaf atas terlambatnya pembangunan jembatan tersebut.

"Permintaan warga jembatan ini bisa digunakan sebelum lebaran, dan H-4 idul fitri Ahamdulillah sudah selesai semua", kata Roy.

Dia juga menjelaskan, pembangunan jembatan ini tak lepas dari bantuan warga sekitar. Dia mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga Batu Harang, kades mantewe, dan perusahaan disekitar lokasi yang sudah mendukung sampai jembatan ini rampung.

Baca: Wow! Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi Saat Ketemu Trump, Ternyata Rahasia Besar Ini yang Dijaga


"Sekarang akses masyarakat kembali normal dengan terbanunnya jembatan itu," katanya.

Sekedar diketahui, jembatan ini diterjang air bah sekitar 2 tahun lalu. Akibatnya, warga RT 7 ini seperti terisolasi karena terputus aksesnya menuju desa induk dan kantor kecamatan. Mereka ada yang harus menempuh jarak jauh berjam-jam dan adapula yang nekat naik lanting untuk menyebrani sunai.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help