Berita Banjarbaru

Miris, Kondisi Panti Sosial Budi Mulia Banjarbaru, Setiap Hujan Anak Telantar Harus Berjaga

Menempati lokasi di ujung dari travo listrik, Panti Sosial Anak Budi Mulia harus menanggung lemahnya arus listrik yang masuk.

Miris, Kondisi Panti Sosial Budi Mulia Banjarbaru, Setiap Hujan Anak Telantar Harus Berjaga
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Rabu (13/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menempati lokasi di ujung dari travo listrik, Panti Sosial Anak Budi Mulia. harus menanggung lemahnya arus listrik yang masuk.

Kerusakan barang elektronik bukan hal baru di PSA yang berlokasi di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Mulai dari LCD, komputer hingga barang elektronik lain sudah biasa mengalami kerusakan.

Bukan hanya listrik. Air dari sumur sulit diambil dengan mesin pompa air lantaran kecilnya arus listrik yang ada. Alhasil petugas panti sulit mengambil air dari sumur untuk aktifitas anak panti.

"Kalau mengandalkan air PDAM, tagihan PDAM kami akan sangat banyak," ujar Agus Mulyana, Kasubag TU PSA Budi Mulia, Senin (11/06/2018).

Lemahnya arus listrik yang mengalir ke PSA sudah terjadi sejak lama. Bahkan, sudah beberapa kali, sebut Agus, pihaknya meminta PLN agar bisa memperbaiki lemahnya aliran listrik. Namun belum ada tanggapan.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Baca: 10 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Bukan hanya itu telepon untuk meminta bantuan perbaikan hanya ditanggapi santai. "PLN sempat menyebut kesalahan kami. Kemudian kami datangkan konsultan listrik, dan benar bahwa ini bukan karena kesalahan kami," ujarnya.

PSA Budi Mulia merupakan bangunan terakhir yang dialiri travo, akibatnya PSA menjadi bangunan yang mendapatkan aliran listrik paling lemah.

Agus ingin menambah daya PSA dari kini 220 volt, 160 volt dan 180 volt menjadi semua 220 volt mengalami kesulitan. Pasalnya, dengan lemahnya arus listrik yang masuk menambah voltase listrik bukan menjadi solusi.
PLN akhirnya meminta PSA bisa memiliki travo sendiri. "Dana yang kami punya hanya ada untuk menambah daya saja. Kalau harus buat travo sendiri dari mana uangnya," cetusnya.

Listrik adalah kebutuhan paling dasar untuk keperluan panti. Di dalam panti ada 105 anak. Mereka tinggal di panti sepanjang hari selama tak ada libur sekolah.

Baca: Hari lebaran 2018, Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H, Kemungkinan Jatuh Hari Jumat 15 Juni 2018

Baca: Lafadz Niat Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya untuk Diri Sendiri, Istri Hingga Anak

PSA Budi Mulia merupakan panti anak yang dihuni anak-anak terlantar yang titip dari 13 kabupaten kota di Kalsel untuk dijaga dan sekolahkan hingga tingkat SMA atau SMK.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help