Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un

Pakar: Ini Pesan Bahasa Tubuh Donald Trump Saat Bicara dengan Kim Jong Un

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya berjabat tangan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura.

Pakar: Ini Pesan Bahasa Tubuh Donald Trump Saat Bicara dengan Kim Jong Un
ChannelNewsAsia
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trum mengumbar senyum di pertemuan bersejarah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SINGAPURA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya berjabat tangan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, saat keduanya bertemu pada Selasa (12/6/2018) pagi waktu Singapura.

Keduanya menghabiskan waktu selama 3 jam untuk membahas masalah kesepakatan denuklirisasi lengkap dan beberapa isu lainnya yang akan dibagi menjadi tiga sesi pertemuan, termasuk jamuan makan siang bersama.

Akan tetapi di balik pertemuan yang luar biasa tersebut tersimpan beberapa hal yang menarik. Salah satunya saat Trump dan Kim bertemu, keduanya sama-sama terlihat gugup.

Baca: Kim dan Trump Sama-sama Gugup di Pertemuan Bersejarah

Pakar bahasa tubuh Judi James menjelaskan Trump melakukan pendekatan "sentuh dan rasakan" ketika memegang bahu Kim.

Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Rabu (13/6/2018)
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Rabu (13/6/2018) ()

"Melalui pendekatan tersebut, Trump mencoba merasakan apakah dia bakal menyukai lawan bicaranya atau tidak," tuturnya dilansir Daily Mirror.

Ketika kedua pemimpin berjalan ke perpustakaan untuk memulai dialog, Trump berusaha mencairkan suasana dengan melakukan obrolan ringan, dan membiarkan Kim berjalan di depannya.

Baca: Ulurkan Tangan, Donald Trump Ingin Tunjukkan Dominasi Atas Kim Jong Un

Namun, dia terlihat berusaha mendominasi Kim, dan menggunakan tangan ketika mengarahkan Kim menuju ke perpustakaan. Kim juga berusaha menunjukkan pengaruhnya ke presiden 71 tahun itu. Dia mendengarkan ketika Trump bicara. Namun sesekali melihat ke atas.

"Trump berbicara dengan nada yang tenang. Namun, bahasa tubuhnya jelas mengatakan 'saya yang berkuasa di sini'," kata Pease.

"Jika Anda tidak tahu siapa mereka, mungkin Anda bakal mengira mereka adalah ayah dan anak," lanjut pakar yang juga penulis buku itu.

Baca: 21 Ucapan Selamat Idul Fitri 2018 Untuk Sahabat, Teman, Pacar di Lebaran Ini

Karen Leong, Direktur Influence Solutions berujar, Trump tidak menunjukkan bahasa tubuh seperti ini ketika hadir dalam pertemuan G7 di Kanada pekan lalu.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help