Berita Kalteng

Sopir Travel dan Bus Wajib di Kalteng Tes Urine Sebelum Antarkan Penumpang

Mereka melakukan uji layak KIR dan bekerjasama dengan BNN dalam melakukan pemeriksaan urine sopir PO Bus

Sopir Travel dan Bus Wajib di Kalteng Tes Urine Sebelum Antarkan Penumpang
faturahman
Kadishub Kalteng, Ati Mulyati, dan sejumlah Kabid Dishub, ketika memberikan penjelasan terkait arus mudik lebaran dan persiapan armada. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Petugas Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah, sejak beberapa hari ini menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan ke sejumlah PO Bus maupun Agen Travel di Kalimantan Tengah.

Mereka melakukan uji layak KIR dan bekerjasama dengan BNN dalam melakukan pemeriksaan urine sopir PO Bus maupun sopir travel yang akan mengantarkan penumpang mudik lebaran.

Namun pemeriksaan urin tahun ini tidak seperti biadanya dilakukan di Terminal WA Gara, tetapi dilakukan langsung oleh PO Bus maupun agen travel dengan cara jemput bola atau turun langsung ke PO Bus maupun Agen Travel.

Baca: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Ati Mulyati, Rabu (13/6/2018) membenarkan pihaknya memang menyurati semua PO Bus dan Travel untuk memeriksa urin sopir sebelum mengantarkan penumpang.

"Ya, memang benar, sejak beberapa hari ini, petugas kami turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan terhadap PO Bus dan Travel apakah mentaati ketentuan dalam memeriksa urin sopirnya, karena ini wajib untuk melindungi penumpang," ujarnya.

Baca: Nenek Manih 78 Tahun Dikabarkan Hamil, Hasil USG Dinas Kesehatan Bogor Tunjukan Hal Aneh

Dikatakan, jika dulunya pemeriksaan dilakukam di Terminal Induk Penumpang, tapi untuk tahun ini pemeriksaan dilakukan langsung di PO Bus atau Agen Travel yang."Kami pantau pelaksanaanya, "ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palangkaraya, HM Riban Satia, melakukan inspeksi dan pengecekan pos mudik lebaran, salah satunya terminal AKAP WA Gara Jalan Mahirmahar Palangkaraya, untuk melihat secara langsung pelayanan di Terminal Induk Jelang Lebaran.

Baca: Ustad Abdul Somad Ternyata Penggemar Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari - Datuk Kelampayan

Pengecekan berkala bertujuan untuk memastikan alat transportasi yang akan digunakan untuk masyarakat yang melaksanakan mudik dalam keadaan baik dan aman sehingga tidak terjadi masalah dalam perjalanan saat bus dioperasionalkan. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help