Lebaran Idul Fitri 2018

Arab Saudi dan Negara Lain Diperkirakan Idul Fitri Jumat 15 Juni 2018 Menurut Astronomical Center

Hari pertama Idul Fitri 2018 diperkirakan akan jatuh pada hari Jumat (15/6/2018), menurut International Astronomical Center (IAC)

Arab Saudi dan Negara Lain Diperkirakan Idul Fitri Jumat 15 Juni 2018 Menurut Astronomical Center
net
Ilustrasi - Melihat hilal 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN ­ - Hari pertama Idul Fitri 2018 diperkirakan akan jatuh pada hari Jumat (15/6/2018), menurut International Astronomical Center (IAC) di sebagian besar negara Islam termasuk Arab Saudi, Aljazair, Libya, Mesir, Kuwait dan Qatar.

Pengumuman resmi tergantung pada penampakan bulan, jika bulan baru dapat dilihat pada 14 Juni 2018, maka bulan suci Ramadhan akan berakhir pada hari Kamis (14/6/2018) dan Jumat (15/6/2018) akan menjadi hari pertama Idul Fitri.

IAC mengharapkan bulan sabit dapat terlihat dari semua negara Islam dengan mata telanjang atau melalui teleskop pada malam 14 Juni.

Pengumuman resmi Idul Fitri biasanya dilakukan dalam waktu dua jam setelah matahari terbenam karena bulan baru terbit dan terbenam bersama matahari (atau dalam waktu satu jam).

Baca: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, 20 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018 untuk Sahabat dan Lainnya

Baca: Niat Zakat Fitrah Beserta Hukum dan Batas Waktu Membayar Zakat Fitrah Idul Fitri 2018

Menurut IAC seperti dilansir Banjarmasinpost.co.id dari Aljazeera News, tahun ini, bulan sabit diperkirakan akan naik 49 menit setelah matahari terbenam di Rabat, 46 menit setelah matahari terbenam di Mogadishu, Khartoum, Tripoli dan Aljazair, 45 menit di Djibouti dan Tunisia, 44 menit di Sanaa, 43 menit di Kairo , 42 menit di Riyadh, Amman dan Jerusalem, 41 menit di Beirut, Doha, Damascus, Manama dan Abu Dhabi, dan 40 menit di Baghdad, Kuwait dan Muscat.

Prediksi Ilmiah

Visibilitas bulan sabit tergantung pada lokasi penampakan dan kondisi meteorologi.

Menurut Portal Data Astronomi, bulan baru berikutnya akan terjadi pada hari Rabu (13/6/2018) pukul 19:43 GMT tetapi penampakan sangat tidak mungkin bagi pengamat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Sidang Isbat Idul Fitri 2018, Klik Linknya di Sini

Baca: Ucapan Selamat Idul Fitri Dalam Berbagai Bahasa Daerah dan Internasional, Jepang, Rusia dan Lainnya

Visibilitas pertama bulan sabit baru terjadi pada hari Kamis (14/6/2018) menggunakan teleskop amatir dapat dimungkinkan di Asia Barat Daya, India dan bagian utara Timur Tengah.

Penampakan dengan mata telanjang dapat terjadi di Afrika Selatan, Afrika Utara, bagian barat daya Arab Saudi dan Spanyol selatan pada hari yang sama.

Ini juga seharusnya terlihat dari Afrika Tengah dan Barat, Amerika Serikat, Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan pada tanggal yang sama. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved