Berita Banjarmasin

Bertahun-Tahun Tak Digubris Pemko, Tumpukan Sampah TPS Gadang Sampai Ke Jalanan

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jalan Aes Nasution, Kelurahan Gadang, Banjarmasin Tengah, sering menjadi keluhan warga.

Bertahun-Tahun Tak Digubris Pemko, Tumpukan Sampah TPS Gadang Sampai Ke Jalanan
Banjarmasinpost.co.id/Airul Syahrif
Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jalan Aes Nasution, Kelurahan Gadang, Banjarmasin Tengah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jalan Aes Nasution, Kelurahan Gadang, Banjarmasin Tengah, sering menjadi keluhan warga. Terutama kondisinya yang sampai memakan separuh jalan.

Terlihat tumpukan sampah tak beraturan dan berada di mana-mana. Menurut warga setempat, sampah itu berasal dari beberapa kelurahan.

"Dari mana-mana ini sampahnya, ada dari Pasar Lama, Sungai Mesa, Veteran, makanya kalau malam itu bisa sampai setengah jalan," ujar warga sekitar TPS.

TPS di Kelurahan Gadang ini letaknya berada di samping Pasar Gadang. Saat melintasi kawasan tersebut, bau menyengat tercium dari tumpukan sampah.

Baca: Link Live Streaming Sidang Itsbat & Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018 di TV One, Kompas TV

Ketua RT 09 Gang Gotong Royong, Jalan Aes Nasution, Kelurahan Gadang, Banjarmasin Tengah, Hamdani membenarkan bahwa tumpukan sampah sering memakan hingga setengah bagian jalan.

"Sebenernya kalo sampah itu gak ganggu jalan ya enak saja. Tapi biasanya itu kalo tempat bak sampahnya itu sudah penuh, terus bisa sampai tehambur-hambur. Ya, kalau malam itu bisa sampai separuh jalan," tuturnya kepada BPost, saat ditemui di kediamannya, Kamis (14/6/2018) sore.

Sampah yang ada di TPS Gadang berasal dari beberapa kelurahan. Karena beberapa kelurahan belum mempunyai TPS sendiri.

Baca: Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dalam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya

"Sampahnya ini banyak dari rumah makan, juga dari kelurahan lain semuanya buang ke sini. Di dekat sini kan TPS itu cuma di Kampung Gadang sama di TPS Kuripan. Jadi dari veteran sebagain buang ke sini, terus yang veteran tengah buangnya ke TPS Kuripan,"

Dirinya juga menambahkan, bahwa selama ini masih belum ada larangan dari kelurahan lain untuk membuang sampah di TPS Gadang.

Baca: Kumpulan Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018, Cocok untuk WhatsApp, FB, Twitter atau Instagram

Baca: Niat Zakat Fitrah Beserta Hukum dan Batas Waktu Membayar Zakat Fitrah Idul Fitri 2018

Sehingga semua sampah banyak tertumpuk di TPS tersebut. Beberapa keluarahan yang sering membuang sampah ke TPS gadang yaitu dari Kelurahan Sungai Mesa, Kelurahan Melayu, dan sepanjang Jalan Veteran namun sebagian ada yang buang di TPS Kuripan.

"Terkadang ada juga yang buang sampah pakai mobil ke sini, pakai mobil pick up, ada juga yang pakai mobil box. Entah dari kelurahan mana itu, gak tau saya," tambah Hamdani.

Dirinya juga menjelaskan bahwa para petugas Dinas Kebersiahan biasanya mengangkut sampah bisa sampai tiga kali angkut, untuk membersihkan semuanya.

"Ya, kami sih berharap supaya disetiap kelurahan itu ada TPS-nya. Supaya sampah tidak terlalu banyak menumpuk di TPS Gadang ini. Karena ini sudah bertahun-tahun seperti, sudah lama sekali," tutupnya.

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help