Ikan Ini Disebut Ganas dan Lebih Berbahaya Dibanding Piranha

Dari Forum Kaskus.co.id , diklaim jika ikan Tauman atau Toman merupakan Ikan asli Indonesia, jauh lebih ganas dan berbahaya daripada Piranha

Ikan Ini Disebut Ganas dan Lebih Berbahaya Dibanding Piranha
ISTIMEWA
SEEKOR Ikan Toman yang dapat diperoleh di Kawasan Lianganggang, Banjarbaru.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU, - Halo mancing mania. Memang seru menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa dengan memancing. Nah, salahsatu kawasan mancing ikan liar yang asyik yakni di Lianganggang.

Atau untuk mengisi waktu liburan ? Bisa juga dengan aktivitas memancing. " Empat kilogram ikan Tauman nah," ucap warga kelurahan Yahya Lianganggang, Kamis (14/6).

Dikatakan Yahya, di Lianganggang ikan ini mudah didapat. " Ayo kita mancing kalau ga percaya, banyak. Lianganggang memang pusatnya habitat Ikan Tauman atau ading haruan," kata dia.

Mengutip dari Forum Kaskus.co.id , diklaim jika ikan Tauman atau Toman merupakan Ikan asli Indonesia, jauh lebih ganas dan berbahaya daripada Piranha.

Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, Toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya. Tapi ikan ini bukan yang biasa disebut ikan gabus ya, gan. Karena Ikan gabus yang biasa kalian lihat memiliki nama latin Channa striata

Ikan Toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Giant Snakehead atau Red Snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.

Ikan yang berkepala besar dan bermulut besar serta bergigi runcing tajam. Tubuh bulat panjang seperti torpedo dengan ekor membulat.

Ikan dewasa berwarna hitam kebiruan, dengan perut putih atau keputihan. Anak-anaknya berwarna kemerahan, dengan garis hitam dan jingga di sisi tubuhnya. Ikan toman dapat tumbuh sampai mendekati 1,5 m panjangnya. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Kamardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help