Berita Kotabaru

Jelang Lebaran Pelabuhan Lengang, Pusat Perbelanjaan di Kotabaru Membludak

Satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, situasi di pelabuhan Kotabaru lengang.

Jelang Lebaran Pelabuhan Lengang, Pusat Perbelanjaan di Kotabaru Membludak
Banjarmasin Post/Helriansyah
Pelabuhan Panjang Kotabaru lengang tidak aktivitas warga. Kepadatan dan kesibukan hanya terjadi di Kompleks Pasar Kemakmuran, pusat perbelanjaan masyarakat, Kamis (14/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah atau H-1, suasana kondisi di wilayah Kabupaten Kotabaru tetap seperti hari biasa.

Terpantau dari kendaraan melintas di jalan utama di beberqpa titik, ramai lancar seperti hari biasanya. Tidak terlihat kepadatan kendaraan masyarakat meski masih intens melakukan aktvitas.

Kepadatan kendaraan khususnya roda dua hanya terjadi di kawasan sepanjang jalan Putri Ciptasari dan Kompleks Pasar Kemakmuran Kotabaru.

Kawasan tersebut tidak cuma pusat perbelanjaan, namun juga menjadi titik segala macam aktivitas masyarakat. Terlebih pada H-1 Hari Raya Idul Fitri.

"Kondisi ini sudah menjadi momen tahunan. Mungkin tidak cuma di Kotabaru, daerah lain juga kalau mendekati lebaran," jelas Ardian kepada banjarmasinpost.co.id, di area Kompleks Pasar Kemakmuran, Kamis (14/6/2018).

Menurut dia, kondisi itu jelas terlihat dari aktivitas dan jumlah kendaraan yang hilir mudik di wilayah menjadi pusat perbelanjaan warga tersebut.

"Dari banyaknya jumlah kendaraan yang parkir saja bisa terlihat. Karena momentum tahunan," ujarnya.

Terpisah, mengantisipasi terjadinya kemacetan dan mengurai kepadatan kendaraan. Beberapa petugas Dinas Perdagangan dan Pasar tampak mengatur pengendara melintas agar berjalan satu arah.

Sementara pengamatan di pelabuhan panjang Kotabaru, kondisi sangat lengang tidak ada aktivitas warga seperti hari biasanya.

Pelabuhan rakyat atau terminal kapal transportasi antarpulau ini, sepi karena tidak ada jadwal keberangkatan. Tidak kecuali penumpang speedboat Kotabaru-Batulicin.

"Sepi tidak ada kegiatan," ujar salah seorang warga.

Hal serupa terjadi di pelabuhan feri penyeberangan Tanjung Serdang-Batulicin, lengan dari tahun-tahun biasanya.

"Sunyi. Tidak ada antrean kendaraan kayak tahun lalu. Mungkin karena libur lebaran lebih awal," jelas Firman kepada banjarmasinpost.co.id. (Banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Budi Arif Rahman Hakim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help