Home »

Video

Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO : Tinggal Di Gubuk dari Barang Bekas, Kakek Ini Rayakan Lebaran Tanpa Kumpul Keluarga

Kakek ini mengenakan kemeja lusuh dan celana panjang kusut. Busana yang dikenakannya juga didapat dari tempat sampah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Baju baru, makanan dan minuman enak yang biasa dengan mudah ditemukan saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sepertinya cuma mimpi bagi Kakek Jarkasi (70).

Dia tinggal seorang diri di gubuk 'istana' buatannya. Ya memang buatan, karena gubuk dibuat dari susunan berbagai sisa material, seperti spanduk, kayu sisa, plastik bekas, macam-macam yang ditemukannya di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) Bina putra, Jalan Lingkar Utara, Banjarbaru.

Kakek ini mengenakan kemeja lusuh dan celana panjang kusut. Busana yang dikenakannya juga didapat dari tempat sampah. Tumpukan sampah di mana-mana dan menurut Jarkasi masih layak pakai dan layak guna.

" Iya sudah lama tinggal disini, semua saya buat sendiri dari sisa sampah. Saya susun, saya tinggal sendiri. Ada keluarga di Kandangan," katanya.

Baca: Niat Zakat Fitrah Beserta Hukum dan Batas Waktu Membayar Zakat Fitrah Idul Fitri 2018

Baca: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, 20 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018 untuk Sahabat dan Lainnya

Baca: Niat Sholat Sunnah Idul Fitri dan Tata Cara Sholat Sunnah Hari Raya Idul Fitri 2018

Tidak ada listrik, untuk penerangan dia cuma andalkan sebuah lampu minyak berukuran kecil. Peralatan makan tampak terendam pada sebuah ember bekas, tampak air rendaman juga sudah dipenuhi jentik nyamuk.

Untuk memasak dia pakai kayu, bahkan air hujan dia tampung untuk kebutuhan sehari-hari. Air bersih dia dapat dari Musala sekitar.

Posisi gubuk Jarkasi tak jauh dari SMP 9 Banjarbaru. Terus saja ikut jalan lingkar Utara sebelum jalan Bina Putra gubuk Jarkasi nanti terlihat.(banjarmasinpost.co.id /Nia Kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help