Idul Fitri 2018

Titik Pantauan Hilal di Gedung Bank Kalsel, Hilal di Banjarmasin Capai 7 Derajat

Selain metode rukyah, sebelumnya telah digunakan metode hisab berdasarkan Imkanurrakyat Menteri-menteri Brunei Darussalam

Titik Pantauan Hilal di Gedung Bank Kalsel, Hilal di Banjarmasin Capai 7 Derajat
BANJARMASINPOST.co.id/mariana
Pemantauan Kegiatan Rukyat Awal Bulan Syawal 1439 Hijriyah, oleh Kanwil Kementrian Agama Kalsel, di Gedung Bank Kalsel, Kamis, (14/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain metode rukyah, sebelumnya telah digunakan metode hisab berdasarkan Imkanurrakyat Menteri-menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia (Mabims) yang menyatakan hilal telah terpenuhi.

Pada metode hisab, secara geometri ketinggian hilal mencapai tujuh derajat dengan elongasi sembilan derajat, dari hasil ini maka hilal sudah terlihat.

"Karena di Banjarmasin ini udaranya cukup lembab, sehingga hilal jarang terlihat secara sempurna. Namun, jika di wilayah Indonesia lainnya dari Barat hingga Timur sudah terlihat hilal maka secara hukum hilal sudah terpenuhi," terang Hj Mashunah Hanafi.

Baca: Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Jumat 15 Juni 2018

Baca: Kumpulan Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2018, Cocok untuk WhatsApp, FB, Twitter atau Instagram

Baca: Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dalam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya

Satu Syawal sudah dapat dipastikan bertepatan Jumat (14/6/2018), selama 29 hari berpuasa, Mashunah Hanafi mengatakan, umat Muslim segera menyongsong hari kemenangan Idul Fitri. Dua kegembiraan yang dirasakan umat mulsim yakni Berpuasa dan Berhari Raya, ia pun berharap hal ini dapat menjadi momen bagi umat selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Meskipun hilal sudah terpenuhi, penetapan satu Syawal 1439 Hijiriah tetap menunggu keputusan Menteri Agama RI setelah pelaksanaan Sidang Itsbat Kementerian Agama RI.

Setelah pemantauan selesai dilakukan, seluruh tim badan hisab rukyah Kemenag Kalsel melakukan buka puasa bersama di atap Bank Kalsel. Dilanjutkan salat maghrib berjamaah dan makan bersama.

Penulis: Mariana
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help