Healt

Kata Ahli Gizi Tak Semua Makanan Boleh Disimpan di Kulkas, Simak Apa Saja Larangannya

Saat lebaran banyak sajian makanan terhidang dan tidak semua habis dimakan. Sebab itu sebaiknya kita lebih

Kata Ahli Gizi Tak Semua Makanan Boleh Disimpan di Kulkas, Simak Apa Saja Larangannya
www.attemptsatdomestication.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Saat lebaran banyak sajian makanan terhidang dan tidak semua habis dimakan. Sebab itu sebaiknya kita lebih cermat sebelum menyimpan makanan sisa, supaya tidak menimbulkan bibit penyakit.

Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD, ahli gizi-diit/dietesien, menjelaskan, makanan yang dihangatkan memiliki peningkatan rasa karena terjadi pemecahan protein untuk melepaskan asam amino, yaitu glutamat dan nukleotida kecil.

"Akibatnya, makanan terasa lebih pekat dari sebelumnya dan dapat disimpulkan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan molekul rasa baru," jelasnya.

Baca: Prediksi Inggris vs Tunisia Grup G Piala Dunia 2018 Live Trans TV Selasa (19/6)

Baca: Profil Sabrina Chairunnisa yang Dikabarkan Dekat Deddy Corbuzier, Foto Mesranya Tersebar

Pada umumnya menyimpan makanan sisa di lemari es atau kulkas. Tapi sebaiknya tidak langsung demikian.

"Sebab, cara ini bisa membuat suhu di dalam lemari es naik di atas 4 derajat celcius dan saat itu mikroorganisme berbahaya bisa tumbuh, terutama pada makanan yang sudah disimpan di kulkas lebih dulu," ungkap Wahyu.

Reaksi suhu panas dari makanan yang masuk ke kulkas bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme berbahaya di dalam makanan.

Wahyu Hardi Prasetiyo
Wahyu Hardi Prasetiyo (Istimewa)

Jadi sebelum memasukkan makanan ke dalam kulkas, biarkan dulu makanan hingga suhu ruang, sekitar 26 -32 derajat celcius, baru kemudian masukan ke kulkas.

Ketika menghangatkan makanan berlebih tadi, cara paling tepat adalah menggunakan microwave. Hanya saja microwave tidak bisa memanaskan semua jenis makanan karena panasnya belum tentu merata.

Alternatif lain adalah menghangatkan makanan sebagaimana saat awal memasak makanan itu. Contoh menghangatkan sup, maka kita bisa memasukkan lagi sup ke panci kemudian memanaskannya di atas api sedang.

Menyimpan makanan di kulkas juga tak bisa terlalu lama. Karena beberapa jenis makanan akan kedaluarsa dalam jangka waktu tertentu. Seandainya tidak dibekukan, makanan yang disimpan di dalam kulkas paling lama bertahan 3 sampai 4 hari saja.

Jadi tidak semua makanan bisa disimpan di kulkas, apalagi dalam waktu lama atau tidak terkontrol. Dan kulkas bukan gudang semua makanan yang bisa Anda masukkan semua.

Karakteristik pangan itu berbeda bahan dan pengolahannya. Cermat dalam menyimpan makanan agar tubuh tetap tetap sehat.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved