Berita Tanahlaut

Terungkap Penyebab DPT Ganda di Tanahlaut! KPU: 'Istilahnya Lain Kamar'

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut melakukan rapat koordinasi dan meminta klarifikasi atas temuan data DPT ganda tersebut.

Terungkap Penyebab DPT Ganda di Tanahlaut! KPU: 'Istilahnya Lain Kamar'
mukhtar wahid
Petugas KPU Kabupaten Tanahlaut memastikan surat suara per TPS di satu ruangan di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, belum lama ini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pasca temuan tim pemenangan pasangan nomor 1, Sukamta dan Abdirahman terkait adanya Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) ganda sebanyak 8700 lebih di seluruh TPS di 11 Kecamatan, Kabupaten Tanahlaut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut melakukan rapat koordinasi dan meminta klarifikasi atas temuan data DPT ganda tersebut.

Tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 di Aula Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, Noor Ifansyah mengacu DPT Pemilihan Gubernur Kalsel 2015 lalu.

Baca: Head to Head - Prediksi Skor Swedia vs Korea Selatan Grup F Piala Dunia 2018 Live TransTV Malam Ini

Anggota KPU Kabupaten Tanahlaut yang membidangi data pemilih, Tri Widoyati dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, membenarkan bahwa DPT yang disebut ganda itu adalah DPT saat pemilihan Gubernur Kalsel pada 2015 lalu.

"Jelas tidak nyambung dengan DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut 2018 ini. Istilahnya lain kamar," katanya.

Baca: Mengingatkan Lagi! Cara Menonton Live Streaming Piala Dunia 2018 dengan Mudah

Tri Widoyati menjelaskan data DPT yang ditetapkan pihaknya sebanyak 227.463 pemilih. Sementara data DPT ganda yang diekspos tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 berbeda.

"Kami sudah memberi bintang terhadap DPT yang diduga ganda. Makanya terhadap temuan itu, tetap melakukan penyisiran dan sudah dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Batibati dan Bajuin," kata Tri Widoyati.

Ketua tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1, H Noor Ifansyah dikonfirmasi penyisiran yang dilakukan pihak KPU Kabupaten Tanahlaut sudah dilaksanakan di dua kecamatan, Batibati dan Bajuin.

"Kita tidak turunkan anggota tim untuk bersama melakukan pengecekan ke lapangan karena itu urusan KPU Kabupaten Tanahlaut. Kita meminta koreksi saja DPT di semua kecamatan sudah cukup," katanya.

Sementara itu, Tiga komisoner Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanahlaut juga turun ke setiap kecamatan di Kabupaten Tanahlaut.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tanahlaut, Marsudi mengaku pihaknya menetapkan siaga satu kepada jajaran dibawahnya untuk melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2018.

Siaga satu itu ditetapkan karena KPPS akan membagikan undangan memilih atau model C kepada setiap pemilih sehingga perlu pengawas pemilu lapangan dan pengawas TPS melakukan pemantauan.

"Riak permasalahan itu ada saja di setiap kecamatan. Tapi tidak elok saya sebutkan. Kunjungan kami ke kecamatan untuk memastikan jajaran Panwascam di kecamatan bekerja melakukan pengawasan," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help