Berita Tanahlaut

Ini Alasan Kadis Pariwisata Soal Serakan Sampah Pengunjung di Obyek Wisata Pantai Tanahlaut

Dampak itu yang sangat jelas dipandangan mata adalah serahkan sampah pengunjung atau pengguna wahana air di pesisir pantai

Ini Alasan Kadis Pariwisata Soal Serakan Sampah Pengunjung di Obyek Wisata Pantai Tanahlaut
banjarmasinpsot.co.id/mukhtar wahid
Sampah berserakan di Pantai Takisung Tanahlaut usai libur Lebaran, Selasa (19/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kepadatan pengunjung yang memenuhi pesisir pantai alam di wilayah Kabupaten Tanahlaut, pasca lebaran ini diakui Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanahlaut, Akhmad Khairin, berdampak.

Dampak itu yang sangat jelas dipandangan mata adalah serahkan sampah pengunjung atau pengguna wahana air di pesisir pantai yang dibuka untuk umum.

Menurut Akhmad Khairin, serakam sampah itu akibat keterbatasan personel petugas kebersihan di lokasi obyek wisata dengan jumlah pengunjung pantai.

Semakin parah, sebagian pengunjung belum menyadari jika sampah dari bungkus makanan ataupun minuman yang dibawa tidak disimpan atau dibuang di tempat sampah.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans TV Kolombia vs Jepang di Grup H Piala Dunia 2018 Malam Ini

Terkait keluhan pengunjung pantai Tungkaran Kiri Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, bahwa sampah berserakan itu akan dilakukan pembinaan karema pengelola pantai tersebut secara swadaya masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Tanahlaut hanya mengelola pantai Batakan, pantai Takisung, Gunung Kayangan, Air Terjun Bajuin dan Pantai Swarangan.

"Khusus pantai Turki, pantai Asmara Muara Asamasam dan pantai Kintap dikelola masyarakat bersama aparat desa setempat," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/6/2018).

Diakui Akhmas Khairin, jika tempat sampah dan petugas kebersihan di obyek wisata pantai sangat terbatas. Tidak sebanding dengan jumlah pengunjung.

"Tapi kita akan monitor dan kita tata kelola pantai di Tanahlaut agar lebih baik," janji Akhmad Khairin.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans TV Rusia vs Mesir di Grup A Piala Dunia 2018 Malam Ini

Sebelumnya, sampah dikeluhkan pengunjung. Itu karena tumpukan sampah pengunjung hari sebelumnya yang tak sempat dibersihkan.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved