Ekonomi dan Bisnis

BI Kalsel Buka Operasi Terbatas, Ini Layanan yang Bisa Dimanfaatkan Bank Umum

Dijelaskan Manajer Humas KPw BI Kalsel, Abdul Haris, perbankan umum di Kalsel sudah bisa manfaatkan berbagai layanan BI.

BI Kalsel Buka Operasi Terbatas, Ini Layanan yang Bisa Dimanfaatkan Bank Umum
kontan
Bank Indonesia (BI) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) sebagai wakil bank sentral di Kalsel juga sudah mulai lakukan operasional terbatas mulai Selasa (19/6/2018) hingga hari ini Rabu (20/6/2018).

Dijelaskan Manajer Humas KPw BI Kalsel, Abdul Haris, perbankan umum di Kalsel sudah bisa manfaatkan berbagai layanan BI.

Diantaranya operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platfom (BI-ETP) sudah kembali dibuka.

Baca: Bank Umum Kembali Layani Nasabah, Ternyata Cuma Transaksi Ini yang Bisa Dilayani

Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk layanan transfer dana dan layanan kliring warkat debit juga bisa dilakukan.

Baca: Kecubung Ungu Langka Sebesar Telur Ayam 380 Krat, Segini Ditawar Konsumen

"Pelayanan kas juga dilakukan terbatas mulai kemarin hingga hari ini, Rabu (20/6/2018)," kata Haris.

Terkait transaksi oeprasi moneter Rupiah, dapat dilakukan untuk standing facilities Rupiah termasuk deposit dan lending facility.

Pelaporan laporan harian bank umum (LHBU) dan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) berjalan seperti hari kerja normal, kecuali untuk bank yang menyampaikan informasi kepada BI, bahwa bank tidak beroperasi.

Yang berbeda, pada operasi terbatas ini, BI tidak melayani kegiatan transaksi operasi moneter valas serta Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga tidak diterbitkan.

Kurs Bank Indonesia menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada Jumat (8/6/2018). (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved