Health Info

Kanker Usus yang Sering Diabaikan, Bagini 4 Gejalanya yang Wajib Kamu Ketahui

Padahal, penyakit kanker usus besar memiliki gejala peringatan yang jelas, jika anda bisa mengenali lebih cepat

Kanker Usus yang Sering Diabaikan, Bagini 4 Gejalanya yang Wajib Kamu Ketahui
banjarmasinpost.co.id/kompas.com/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kasus kanker usus besar semakin sering terjadi pada orang yang berusia 20-49 tahun. Kanker ini termasuk penyumbang kematian tertinggi, alasannya masih banyak orang yang susah mengenali gejala penyakit ini.

Padahal, penyakit kanker usus besar memiliki gejala peringatan yang jelas, jika anda bisa mengenali lebih cepat maka penyakit ini bisa diembuhkan.

Mendeteksi penyakit sesegera mungkin adalah kunci untuk mengobati penyakit. Oleh karena itu, American Cancer Society merekomendasikan bahwa setiap orang harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur pada usia 30 tahun. Dilansir dari womenhealthmag.com, Berikut adalah beberapa tanda umum kanker usus besar yang perlu anda ketahui:

1. Ada Darah Dalam Tinja

Anda tidak perlu panik ketika ada darah muncul di tinja. Kondisi ini dapat disebabkan oleh wasir atau fraktur dubur. Namun, jika pendarahan besar dan hitam atau merah dalam waktu yang terus menerus, Anda harus mencari bantuan medis segera. Menurut Lisa Ganjhu, profesor gastroenterologi di Langone Health Center NYU, ini adalah tanda bahwa usus besar mengalami masalah, bisa jadi terdapat tumor yang sedang berkembang.

2. Sering Sembelit

Setiap orang cenderung mengalami konstipasi. Akan tetapi jika kondisi sering terjadi, ini mungkin tanda bahwa usus besar tersumbat. Menurut, Joseph Towman, kepala pengobatan gastrointestinal di Baylor School of Medicine, mengatakan bahwa ketika tinja mencapai ujung usus besar dan mengalami kesulitan untuk keluar bisa jadi tinja ini tersumbat oleh tumor .

3. Sering Kram Perut

Rusha Modi, MD, seorang gastroenterologist dan asisten profesor kedokteran klinis di Keck Medical Center di California, mengatakan bahwa kram perut sering terjadi saat kanker usus besar terjadi, biasanya kram perut ini disertai dengan sejumlah gejala lain seperti sakit perut, diare, dan gastroesophageal reflux.

4. Refluks lambung terus menerus

Jika ini sering terjadi dan tidak lega setelah meminum obat, Anda harus pergi ke dokter untuk pemeriksaan. Tumor di usus besar dapat menghalangi usus dan meningkatkan konsentrasi asam di daerah tersebut sehingga memicu refluks lambung

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help