Berita Hulu Sungai Selatan

Belum Ada Laporan Soal Pelanggaran THR di HSS

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Nakerkop UKP) HSS tidak ada menerima laporan

Belum Ada Laporan Soal Pelanggaran THR di HSS
aprianto
Kadis Disnakerkop UKP HSS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pasca lebaran Idul Fitri 2018 di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) belum ada laporan terkait dengan pelanggaran soal pembayaran tunjangan hari raya (THR).

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Nakerkop UKP) HSS tidak ada menerima laporan dari para pekerja dan buruh perusahaan di daerah HSS yang tidak membayar Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala Disnakerkop UKP HSS Sasmi Rifan mengatakan sampai masuk pertama kerja atau H+7 Lebaran di HSS tidak ada pekerja/buruh di sektor formal dan di luar sektor perusahaan yang melaporkan belum dibayar THR.

“Sampai hari ini belum ada laporan dari para karyawan atau buruh soal keterlambatan atau tidak dibayarnya THR," katanya, Kamis, (21/6).

Pihaknya masih terbuka dan menerima laporan atau keluhan dari para pekerja yang merasa belum mendapatkan THR.

Apabila ada perusahaan atau pengusaha terlambat atau tidak membayar THR. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyiapkan tiga sanksi.

Pertama, jika terlambat membayarkan THR, perusahaan akan dikenakan denda sebesar lima persen dari total THR yang wajib dibayarkan pada karyawan/pekerja. Kedua, teguran tertulis dan ketiga adalah pembatasan kegiatan usaha.

"Pihak kita, Disnakerkop UKP HSS siap memfasilitasi pekerja/buruh apabila ada THR belum dibayarkan," lanjutnya.

Pihak akan segera menindak lanjuti perusahaan yang tidak membayar THR dan akan dimintai keterangannya.

Apabila masih ada hambatan dan kendala, selanjutnya akan dilakukan mediasi lagi oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kalsel. Bila masih belum selesai maka jalan terakhir melalui proses pengadilan.

"Pemberian THR keagamaan tidak hanya diwajibkan bagi para pekerja/buruh sektor formal saja. Diluar sektor perusahaan juga diwajibkan memberikan THR," tegasnya. (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help