Haruan Bakaluk di RM Sambal Acan Raja Banjar Berbahan Ikan Segar

Ikannya disiang dari belakang. Lalu, separuh perutnya dibelah. Setelah diberi bumbu, dibakar dengan daun pisang.

Haruan Bakaluk di RM Sambal Acan Raja Banjar Berbahan Ikan Segar
banjarmasin post group
INILAH salah satu menu istimewa di Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMAIN - Masakan khas Banjar mudah ditemui di Banjarmasin. Di Kota Seribu Sungai ini banyak bertebaran rumah makan yang menjual kuliner khas Banjar. Beragam menu andalan disajikan, siap dipilih pembeli.

Kuliner khas Banjar biasanya berciri khas oseng, bersantan, berbahan hewan air seperti ikan, pedas dan manis. Lengkap disajikan dengan sambal khasnya yaitu sambal acan. Antara lain rumah makan yang menjualnya adalah Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar.

Tempat kuliner yang terletak di Jalan Lambung Mangkurat dekat Kantor Wali Kota Banjarmasin ini menyajikan beragam menu istimewa khas Banjar.

Di Antaranya Garih Batanak, Haruan Bakaluk, Tarung Basantan, Mandai, Ampal Jagung, Sulur, dan Oseng Pare. Semuanya dijual di kisaran harga ribuan, belasan hingga puluhan ribu rupiah per porsinya.

Manajer Keuangan RM Sambal Acan Raja Banjar, Liana, menu Haruan Bakaluk disajikan secara khas yakni ukuran ikan Haruan atau ikan Gabusnya yang besar.

“Beratnya sekitar empat ons. Haruan Bakaluk memang harus memakai haruan yang besar agar bumbu di dalamnya tak gampang keluar,” ujarnya, Sabtu (23/06/2018).

Ikan ini dibelah separuh, isi perutnya dibuang lalu dimasuki bumbu kuning. Bumbu kuningnya terdiri dari beberapa rempah yang dihaluskan seperti kunyit, ketumbar dan kemiri.

“Ikannya disiang dari belakang. Lalu, separuh perutnya dibelah. Setelah diberi bumbu, dibakar dengan daun pisang,” timpal Manajer HRD RM Sambal Acan Raja Banjar, Juwita.

Pihaknya tidak pernah menyetok ikan karena selalu habis dalam sehari. Jadi, semuanya disajikan dalam keadaan segar. “Kami biasanya sehari menyediakan lima kilogram haruan,” tambah Liana.

Selengkapnya baca koran Banjarmasin Post edisi, Minggu (24/06/2018).

www.banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved