Berita Banjarmasin

KH Ahmad Zuhdianoor : Jangan Ada Benci di Hati Kita

Menurut Guru Zuhdi, dengan bersikap husnuzon atau prasangka baik kepada orang lain, pikiran kita pun akan selalu baik dan positif.

KH Ahmad Zuhdianoor : Jangan Ada Benci di Hati Kita
ist
KH Ahmad Zuhdianoor saat halal bi halalal dan silaturahmi di kediaman Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI, HM Tambrin, Sabtu (23/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Al Mukarram KH Ahmad Zuhdianoor atau Guru Zuhdi mengajak umat untuk  saling memaafkan, menghilangkan kebencian di hati dan selalu selalu berhusnuzon atau berprasangka baik.

"Setelah sebulan penuh belajar memerangi hawa nafsu di bulan Ramadan, kemudian merayakan idul fitri dengan mengumandangkan kebesaran Allah, kita menyadari kekurangan diri kita dan sadar bahwa kita tidak ada apa-apanya dan mau memaafkan orang lain, berhusnuzon dan jangan ada benci di hati," kata Guru Zuhdi dalam tausiyah di acara Halal Bi Halal dan Silaturahmi di kediaman Sekretaris Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI HM Tambrin, Sabtu (23/6/2018) siang.

Menurut Guru Zuhdi, dengan bersikap husnuzon atau prasangka baik kepada orang lain, pikiran kita pun akan selalu baik dan positif. "Kalau pandangan kita selalu ke arah positif, melihat kelebihan dengan hati yang tulus, kalimat yang keluar dari mulut kita pun akan selalu baik," katanya.

Sebaliknya, lanjut dia, kalau sudah ada benci di hati kita, apapun yang dilakukan oleh orang lain tidak ada yang baik selalu ada yang kurang, selalu ada keburukan meskipun orang tersebut melakukan perbuatan baik atau amal saleh.

Baca: Live RCTI! LINK LIVE STREAMING Timnas U-23 Indonesia vs Korea Selatan di RCTI & Metube.id

"Tetapi kalau berhusnuzon dan berprsangka baik, kalimat yang keluar pun selalu baik. Makanya kalau ingin meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, amalannya adalah khusnuzon," ujarnya.

Guru Zuhdi mengatakan, halal bihalal merupakan amal ibadah yang sangat baik dan harus kita praktekkan sehari-hari tidak hanya saat lebaran.

"Memberi maaf  merupakan perbuatan luar biasa dan sangat mulia yang didasari dengan pengertian dan pandangan yang baik yang melahirkan kebaikan dalam hubungan antar sesama umat," kata Guru Zuhdi.

Ratusan undangan dari berbagai kalangan ulama, tokoh masyarakat, pejabat dan warga setempat menghadiri halal bi halalan dan silaturahmi di kediaman Sekretaris Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI HM Tambrin, Sabtu (23/6/2018) siang.

Selain Al Mukarram KH Ahmad Zuhdianoor atau Guru Zuhdi, turut hadir KH Sopian, KH Gazali (Pimpinan Ponpes Darul Hijrah), KH Fahmi Noor, KH Thabrani dan lain-lain. Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi dan Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Masrawan, para kepala kemenang Kabupaten dan Kota di Kalsel. Turut hadir Rektor UIN Banjarmasin Mujiburrahman, Ketua PWNU Kalsel HM Syarbaini Haira dan lain-lain.

Baca: Live Trans TV! Jerman vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018 Malam Ini, Jerman Diminta Rotasi Pemain

Dalam sambutannya HM Tambrin mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang menghadiri acara halal bi halal dan silaturahmi tersebut, sekaligus mohon doa dan dukungan para ulama serta seluruh masyarakat Kalsel selama menjalankan tugas di Kemenag RI.

"Uluh mohon doa pian-pian seberataan agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan amanah mengingat jabatan itu tugasnya sangat berat,” ujar Tambrin,

Menurut Tambrin, dirinya sudah dua tahun bertugas di Jakarta selepas menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag Kalsel pada 2016. Sebelum diangkat sebagai Sekretaris Irjen Kemenag, dirinya adalah Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah di Kementerian Agama RI

Tak lupa mantan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut, juga mengucapkan selamat Idulfitri serta memyampaikan pemohonan maaf kepada para undangan yang hadiri.

HM Tambrin dan KH Ahmad Zuhdianoor saat halal bi halalan dan silaturahmi, Sabtu (23/6/2018)
HM Tambrin dan KH Ahmad Zuhdianoor saat halal bi halalan dan silaturahmi, Sabtu (23/6/2018) (Ist)

"Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih serta meminfa maaf sebesar-besarnya kepada seluruh undangan, sekaligus memohon doa dan dukungan dalam menjalankan tugas berat sebagai Sekretaris Irjen Kemenag RI," kata HM Tambrin.

Menurut Tambrin, tugas Irjen Kemenag seperti KPKnya Kemenag, tugasnya melakukan pengawasan seluruh kementarian agama di tanah air. "Tugasnya seperti KPKnya kemenag, sangat berat, mengawasi kinerja seluruh kemenag di tanah air, Oleh karena itu kami memohon dukungan dan doa agar bisa menjalankan tugas dengan amanah," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/eep)

Penulis: Elpianur Achmad
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help