Berita Tanahbumbu

Kunjungan Wisatawan Libur Lebaran di Tanbu 29.000 Orang, Ini 3 Tempat Wisata Primadonanya

Tingkat kunjungan wisata di Kabupaten Tanhbumbu cukup tinggi selama liburan lebaran di tiga tempat unggulan destinasi wisata Tanahbumbu.

Kunjungan Wisatawan Libur Lebaran di Tanbu 29.000 Orang, Ini 3 Tempat Wisata Primadonanya
man hidayat
Pantai Rindu Alam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tingkat kunjungan wisata di Kabupaten Tanhbumbu cukup tinggi selama liburan lebaran di tiga tempat unggulan destinasi wisata Tanahbumbu.

Tiga tempat wisata yang juga sudah diterapkan adanya retribusi beberapa tahun sebelumnya adalah wisata pantai dan wisata gua.

Dua destinasi ini juga yang sudah menghasilkn pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Tanahbumbu.

Tiga tempat itu adalah Pantai Rindu Alam yang berada di Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir rindang dengan pohon pinusnya dn dilengkapi dengan mini waterboom di pinggir pantai. Pantai lainnya adalah Pantai Angsana yang berada di Desa Angsana Kecamatan Angsana yang terkenal dengan wisata terumbu karangnya.

Selain pantai, ada wisata Gua yang diberi nama Gua Liangbangkai berada di Kecamatan Mentewe. Gua ini juga terkenal dengan adanya fosil manusia purba yang ditemukan tulang belulangnya di gua itu.

Tak heran bila selama ini sudah banyak peneliti yang datang baik itu lokal Kalsel, Nasional hingga peneliti mancanegara yang telah datang melakukan penelitiannya.

Ketiga wisata ini lah yang paling diminati masyarakat lokal dan luar Kabupaten bahkan luar Provinsi Kalsel. Tak heran bila ribuan pungunjung datang tiap harinya terutama di hari libur Nasional.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Tanahbumbu, Nahrul Fajeri, Sabtu (23/6/2018) mengatakan kunjungan wisata Tanbu cukup tinggi. Wisata unggulan itu juga menghasilkan PAD untuk Kabupaten Tanahbumbu.

"Kunjungan wisatawan pasca lebaran 2018 di tiga destinasi totalnya sebanyak 29.081 orang. Rinciannya untuk Pantai Angsana sebanyak 11.149 orang, Pantai Rindu Alam sebanyaj 16.686 orang dan Gua Liang Bangkai : 1.246 orang," katanya.

Jumlah pengunjung wisata itu sesuai laporan panitia pelaksana masing-masing wisata. Angka tersebut sesuai dengan jumlah tiket retribusi yang terjul selama libur lebaran Idul Fitri 2018.

"Total PADnya sebesar Rp 238.276.000 dan disetorkan ke daerah Kabupaten Tanahbumbu," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)
-

Penulis: Man Hidayat
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help