Berita Hulu Sungai Utara

Bakal Lepaskan Ikan ke Danau Pulau Tambak yang Penuh Eceng Gondok

Danau di Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan sudah dibersihkan dari eceng gondok.

Bakal Lepaskan Ikan ke Danau Pulau Tambak yang Penuh Eceng Gondok
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Danau di Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan sudah dibersihkan dari eceng gondok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Danau di Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan sudah dibersihkan dari eceng gondok. Rencananya daerah yang awalnya merupakan rawa tersebut akan digunakan untuk daerah wisata.

Dan akan diisi oleh ikan agar pengunjung selain melihat pemandangan juga bisa menikmati wisata pemancingan. Dinas Perikanan HSU sangat mendukung dengan program yang dilakukan.

Kepala Dinas Perikanan HSU Suriani mengatakan pihaknya mendukung dengan adanya kolam pemancingan yang sekaligus untuk wisata.

"Mengajarkan kepada masyarakat luas pentingnya gemar makan ikan, yang saat ini juga menjadi program dari Dinas Perikanan," ungkapnya.

Baca: Jadwal Live Trans TV & Cara Nonton Live Streaming Jepang vs Senegal di Grup H Piala Dunia 2018

Sebelumnya pihak desa telah membersihkan lahan rawa tersebut menggunakan alat berat dan dilaksanakan oleh warga, program ini dilakukan atas kesepakatan dari hasil musyawarah dengan masyarakat.

Danau yang awalnya penuh dengan tanaman liat seperti gulma dan eceng gondok.

Kepala Desa Pulau Tambak Djupri H Abdul Hamid mengatakan pembersihan lahan rawa yang menyerupai danau tersebut dilaksanakan oleh warga dalam waktu 60 hari, setelah dibersihkan danau terlihat bersih dan airnya juga menjadi jernih. Dalam pembersihan danau juga seluruhnya dikerjakan oleh warga sehingga warga juga mendapat penghasilan daripadanya.

Pembersihan danau tersebut bekerjasama dengan Desa Banyu Hirang, karena danau yang luasnya sekitar lima hektar tersebut sebagian juga masuk ke wilayah Desa Banyu Hirang.

Tahun lalu rencananya akan dilanjutkan dengan menambahi fasilitas seperti bekerjasama dengan dinas pertanian dan peternakan.

Baca: UPDATE GOL Inggris Vs Panama Grup G Piala Dunia Skor 4-0, Lagi Gol John Stones!

“Kami sudah menyiapkan 1500 ikan untuk dilepaskan dan naantinya dikelola oleh masyarakat, bekerjasama dengan dua kelompok perikanan yaitu Suka Maju dan Rukun Makmur," ungkapnya.

Pemancingan ikan rencananya akan dikelola oleh warga dan dibagi menjadi beberapa kelompok, sehingga warga juga mendapat penghasilan dari adanya tempat pariwisata tersebut.

“Pemancingan dikelola oleh masyarakat dan hasilnya juga dikembalikan untuk masyarakat,” ujarnya.

Usul dari warga juga akan menyediakqn tempat untuk mengolah makanan serta tempat bersantai. Sehingga pengunjung yang datang bisa langsung menyantap ikan hasil tangkapan.

"Kami akan menambah fasilitas secara bertahap, agar Desa Pulau Tambak menjadi desa wisata di HSU," ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help