Berita Hulu Sungai Selatan

Ornamen Iwak Sapat Diganti Pepuyu, Pembangunan Lukah Iwak HSS Bakal Rampung

Desain bundaran Lukah Iwak sudah direvisi dan sudah final. Ada sejumlah perbaikan terhadap desain Lukah iwak dari yang sebelumnya.

Ornamen Iwak Sapat Diganti Pepuyu, Pembangunan Lukah Iwak HSS Bakal Rampung
aprianto
Foto desain baru bundaran Lukah iwak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pembangunan bundaran Lukah Iwak di wilayah Negara Jalan Lingkar Selatan Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) segera direalisasikan.

Desain bundaran Lukah Iwak sudah direvisi dan sudah final. Ada sejumlah perbaikan terhadap desain Lukah iwak dari yang sebelumnya.

Bundaran Lukah iwak akan menjadi ikon wilayah negara sekaligus menggambarkan kehidupan sosial dan ekonomi warga Negara yang meliputi tiga kecamatan yakni Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara.

Baca: Jadwal Live Trans TV & Cara Nonton Live Streaming Inggris vs Panama di Grup G Piala Dunia 2018

Baca: Jadwal Siaran Langsung Trans TV Via K-Vision, Piala Dunia 2018, Inggris Vs Panama Pukul 19.00

Baca: Prediksi Susunan Pemain Inggris vs Panama di Grup G Piala Dunia 2018 Malam Ini Live Trans TV

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) MK Saputra melalui Kabid Pertanahan dan Prasarana Sarana Utilitas (PPSU) Mahyuni mengatakan untuk desain bundaran sudah direvisi dan sudah final dari segi perbaikan.

"Ada sejumlah revisi yang dilakukan. Seperti lukahnya diperpanjang dan pada bagian atas lebih runcing kerucutnya," katanya, Minggu, (24/6).

Selain itu, untuk jenis ikan atau iwaknya juga diganti. Desain sebelumnya akan menggunakan ikan sepat namun diganti dengan iwak papuyu.

Desain baru juga ada ornamen dibagian bawah bundaran tentang kehidupan sosial warga Daha yang meliputi tiga kecamatan.

Pada ornamen juga akan menampilkan hasil pertanian unggulan wilayah Daha seperti semangka dan Gumbili.

Bundaran dibangun dengan pondasi beton mekanis yang kokoh tertanam. Untuk ornamen ikan akan menggunakan bahan sejenis tembaga dan lukahnya menggunakan besi galvanis.

Untuk lampu hias red green blue (RBG) dan pencahayaan akan persis dengan di tugu dodol yang ada di Kota Kandangan.

"Untuk nama bundaran yang akan dibangun di wilayah Daha itu yakni bundaran Lukah iwak," lanjutnya.

Adanya sejumlah revisi desain bundaran hingga menghasilkan desain final setelah mengakomodir beragam aspirasi dari berbagai pihak baik itu masyarakat negara, aparat desa di wilayah Daha, tokoh agama dan masyarakat, para pemuda Daha.

Nilai pagu dari bundaran iwak Lukah sebesar Rp 200 juta dan penandatangan kontrak pembangunan sudah dilaksanakan pada 21 Juni berbarengan dengan lelang pelebaran jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). (Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help