Keistimewaan Piring Keramik Tua Malawen

Ajaib, Minyak Kelapa yang Dibuat di Piring Malawen Kuno Milik H Yamani Ini Bisa Sembuhkan Luka

- Tak hanya proses pembuatannya yang terbilang di luar nalar, ternyata minyak yang dihasilkan melalui proses penyulingan di piring

Ajaib, Minyak Kelapa yang Dibuat di Piring Malawen Kuno Milik H Yamani Ini Bisa Sembuhkan Luka
Ghanie
Piring malawen kuno milik H Yamani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Tak hanya proses pembuatannya yang terbilang di luar nalar, ternyata minyak yang dihasilkan melalui proses penyulingan Piring Malawen juga memiliki berbagai macam kegunaan.

Seperti yang diungkapkan langsung oleh Musa, warga Desa Belandean Kabupaten Batola Kalsel baru tadi.

Ia yang semula menaksir kesembuhan luka bekas jahitan operasi di perut istrinya sekitar tiga bulan lebih.

Namun setelah menelan pil berisikan minyak hasil penyulingan Piring Malawen, kini proses penyembuhan terbilang lebih cepat.

Jahitan yang semula hanya terlepas sebanyak tiga helai, kini bahkan malah sudah dilepas sendiri oleh istrinya lantaran kondisi luka yang berangsur kering.

" Padahal awalnya, melepas satu dan dua jahitan aja, istri saya mesti ke dokter. Karena mesti hati-hati. Tapi setelah meminum minyak tersebut, hanya beberapa hari, luka jahitan malah mengering dan sudah bisa dilepas," cerita Musa.

Minyak kelapa yang dihasilkan melalui proses di piring malawen milik H Yamani.
Minyak kelapa yang dihasilkan melalui proses di piring malawen milik H Yamani. (Ghanie)

Meski kekhawatiran tetap ada terbesit dibenak Musa, namun kini hanya sebulan melewati pasca operasi tersebut, istrinya sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala.

" Iya. Bahkan di rumah saya lihat sudah bisa angkat-angkat yang berat, meskipun tetap sering saya larang. Tapi dia (istrinya) bilang, sudah tidak apa-apa," ujar Musa.

Sementara, H Yamani sang pemilik Piring Malawen tidak menampik dari keistimewaan Piring Malawen tersebut menarik beberapa warga ke rumahnya.

Minyak yang dibawa kemudian digunakan sebagai media pengobatan, baik mempercepat proses penyembuhan luka atau patah tulang.

" Dan Alhamdulillah, hasilnya pun dibuktikan langsung oleh beberapa pemakainya, baik mempercepat penyembuhan luka atau pun patah tulang," terang Yamani.

Warga Berangas tersebut sebetulnya juga tidak pernah mempromosikan atau mengumbar keistimewaan minyak hasil penyulingan Piring Malawen itu guna menarik perhatian.

Melainkan dari beberapa warga atau kerabat yang membuktikan langsung itulah, yang menceritakan dari mulut ke mulut sehingga membuatnya berdatangan ke rumah H Yamani.

" Saya juga tidak pernah meminta imbalan atas manfaat serta keistimewaan minyak Piring Malawen ini. Karena sejak awal saya sudah meniatkan, minyak ini sebagai obat kesembuhan untuk membantu orang-orang yang memerlukan," jelasnya. (BANJARMASINPOST.CO.ID /A RIZKI ABDUL GANI)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help