Berita Balangan

Dinas Perikanan Ingatkan Peternak Ikan Keramba di Balangan Saat Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau debit air sungai di Balangan mulai surut, hal ini tentu saja akan berdampak terhadap para peternak

Dinas Perikanan Ingatkan Peternak Ikan Keramba di Balangan Saat Musim Kemarau
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
debit air sungai balangan mulai surut seiring memasuki musim kemarau 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Memasuki musim kemarau debit air sungai di Balangan mulai surut, hal ini tentu saja akan berdampak terhadap para peternak ikan keramba disungai.

Kepala Dinas Perikanan Balangan, Fahruraji kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (25/6/2018) membenarkan bahwa saat ini musim kemarau sudah masuk, bahkan diperkirakan musim kemarau panjang.

Lebih lanjut ia mengingatkan, kepada para peternak ikan keramba agar berhati-hati menabur benih ikan disaat musim kemarau nanti.

Pasalnya rentan akan terkena virus terutama virus Virus Herpes Koi (KHV). "Kalau ada keramba yang siap panen, panen segera, selama kemarau kosongkan, nanti jika sudah musim hujan kembali tebar," ujarnya menyarankan.

Baca: Jadwal Piala AFF U-19 2018 : Indra Sjafri Belum Tentukan Skuat Utama Timnas U-19 Indonesia

Menurutnya, lebih baik diistirahatkan terlebih dulu kerambanya jangan menebar benih ikan, karena jika dipaksakan bisa terjadi tiba-tiba hujan maka kemungkinan besar banyak ikan akan terpengaruh.

"Kita manusia saja jika lama kemarau lalu hujan datang tiba-tiba bisa sakit, nah begitu juga ikan," katanya.

Terkait situasi tersebut pihak penyuluh dilapangan bertugas memberikan serta menyampaikan informasi tersebut kepada para peternak ikan keramba.

Disinggung adakah pihak Dinas Perikanan menyiapkan bantuan bagi para peternak ikan keramba yang mengalami kerugian ikan saat dimusim kemarau dikarenakan ketidaktahuan mereka? Ia mengatakan tidak ada.

Baca: Kronologi Meninggalnya Hari Moekti, Mantan Rocker yang Jadi Dai, Ternyata Bukan karena Stroke

"Kalau untuk bantuan atau pergantian bibit tidak ada, yang ada biasanya bantuan hibah namun harus melalui sosialisasi terlebih dulu," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Peternak Ikan Balangan, Wandi mengatakan, terkait situasi musim kemarau, selama ini para peternak ikan keramba tetap nekad melakukan tebar benih.

Alasannya karena beternak ikan keramba sudah menjadi penghasilan utama, jika saat musim kemarau stop tebar, maka tak ada keuntungan.

"Soal untung rugi ya tergantung saat tebar dimusim kemarau, memang tetap dilakukan tebar benih ikan hanya saja tidak penuh, jika biasanya 10 ribu bibit ikan, dimusim kemarau hanya separuhnya saja," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyadari akan dampak yang ditimbulkan jika tetap melakukan tebar dimusim kemarau, tetapi selama sungai balangan tidak kering, maka tebar benih ikan tetap akan dilakukan.

"Kami berharap jangan ada limbah saja yang lewat disungai balangan, soal musim kemarau tetap kami tebar benih ikan," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help