Ekonomi dan Bisnis

Hari Libur Nasional Pilkada 2018, BI Operasional Terbatas

Walaupun Rabu (27/6/2018) ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional berkaitan digelarnya Pilkada di berbagai daerah termasuk Kalsel

Hari Libur Nasional Pilkada 2018, BI Operasional Terbatas
Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.com
Bank Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walaupun Rabu (27/6/2018) ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional berkaitan digelarnya Pilkada di berbagai daerah termasuk Kalsel, Bank Indonesia (BI) tetap membuka pelayanan.

Dijelaskan Kepala KPW BI Provinsi Kalsel, Herawanto, melalui siaran persnya untuk Banjarmasinpost.co.id, pada Rabu (27/6/2018), kegiatan layanan kas untuk penarikan dan penyetoran uang kartal dari bank umum beroperasi penuh.

Seluruh layanan dalam kegiatan penyelenggaraan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BIRTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang berlaku.

Baca: Ariel Noah Tepergok Jalan Bareng Cewek Berambut Panjang, Warganet Menduga itu Aktris Cantik ini

Mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk Layanan Transfer Dana dan Layanan Kliring Warkat Debit melalui SKNBI juga dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Terkait Operasi Moneter Rupiah, Operasi Moneter Rupiah tetap dibuka untuk Standing Facilities Rupiah (Deposit Facility dan Lending Facility).

Baca: Syarat dan Cara Pencoblosan Pilkada Serentak 2018, Pastikan Anda Terdaftar sebagai Pemilih

Pelaporan Laporan Harian Bank Umum (LHBU) dan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) berjalan seperti hari kerja normal, kecuali untuk bank yang menyampaikan informasi kepada BI bahwa bank tidak beroperasi.

Hanya Operasi Moneter Valas yang ditiadakan pada Hari Libur Nasional tersebut, termasuk Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR).

Baca: Heboh Kura-kura Langka Dunia Ditemukan di Kapuas Timur, Mirip Hewan Purba Bisa Makan Buaya!

Sehingga, Kurs Bank Indonesia pada hari libur teraebut menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada Selasa (26/6/2018).

"Bank Indonesia memberikan kesempatan bagi pegawai untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada, karena itu dilakukan pengaturan waktu kerja bagi pegawai yang melaksanakan kegiatan operasional terbatas untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemungutan suara," kata Herawanto.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved