Berita Tanahlaut

Kandang dan 3.000 Anak Ayam Potong Terbakar di Pelaihari, Yusuf Alami Kerugian Puluhan Juta

Kandang ayam potong yang kelolanya bersama keluarga itu terbakar, di Kelurahan Saranghalang, Kabupaten Tanahlaut, Senin (25/6/2018) malam.

Kandang dan 3.000 Anak Ayam Potong Terbakar di Pelaihari, Yusuf Alami Kerugian Puluhan Juta
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Yusuf Hakim, terduduk sambil menyulut sebatang rokok di jarinya. Matanya tak berpindah memandang puing kandang ayam miliknya, Selasa (26/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Yusuf Hakim, terduduk sambil menyulut sebatang rokok di jarinya. Matanya tak berpindah memandang puing kandang ayam miliknya, Selasa (26/6/2018).

Kandang ayam potong yang kelolanya bersama keluarga itu terbakar, di Jalan Nasional, Kelurahan Saranghalang, Kabupaten Tanahlaut, Senin (25/6/2018) malam.

Ia mengaku sedang memperbaiki kabel listrik yang putus akibat musibah kebakaran dan membenahi tandon air di kandang ayamnya.

Satu kandang luput dari kebakaran dan satu kandang lagi habis terbakar tak bersisa, termasuk sejumlah unit kipas angin pendingin ayam tak selamat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Argentina vs Nigeria Grup D Piala Dunia 2018 Malam Ini

Yusuf mengalami kerugian puluhan juta karena ternak ayam potong yang baru tiba dari mitra kerjanya habis terbakar dilalap si jago merah.

"Modal kandang ayam ini sekitar Rp 80 jutaan," katanya.

Yusuf mengaku tidak ada firasat apapun dengan musibah kebakaran yang dialaminya, Senin (25/6/2018) itu sekitar pukul 19.00 Wita, tidak ada di kandang.

Yusuf mengaku pulang ke rumah untuk bersantap makan malam. Itu sudah jadwal rutin. Penyebab kebakaran juga tidak diketahuinya secara jelas.

"Tidak ada penyelidikan polisi. Api tba-tiba saja api menyala di kandang ayam saya. Ayam memang bunyi semua waktu malam itu.

Kondisi lampu saat saya kebelakang rumah sudah padam semua. Ayam itu padahal baru masuk kadang, belum satu hari, jumlahnya sekitar 3000 ekor," katanya.

Musibah itu diakuinya kali pertama terjadi sejak usaha peternakan ayam potong itu dirintis pada awal 1999 silam di lahan milik warisan orangtuanya.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming Persija vs Persebaya via Streaming Indosiar Malam Ini

"Ini lahan warisan orangtua. Saya jadikan usaha ternak ayam potong kemitraan," katanya.

Ada dua kandang ayam potong yang dikelola Yusuf. Kandang yang terbakar itu paling panjang, lebarnya delapan meter dan panjangnya 45 meter.

Api berhasil dikuasai setelah mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Tanahlaut dan mobil pemadam milik swasta berjibaku penyemprotkan air. (Banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help