Bumi Sanggam

Serap Tenaga Kerja Asal Balangan, Ini Bukti Kontribusi PT BUMA dengan Pemkab Balangan

Pembangunan ketenagakerjaan di Kabupaten Balangan terus ditingkatkan, salah satunya Pemkab Balangan dalam hal ini Disnaker

Serap Tenaga Kerja Asal Balangan, Ini Bukti Kontribusi PT BUMA dengan Pemkab Balangan
istimewa
pelatihan Basic Operator dan Basic Mechanic di Aula Benteng Tundakan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pembangunan ketenagakerjaan di Kabupaten Balangan terus ditingkatkan, salah satunya Pemkab Balangan dalam hal ini Disnaker bekerja dengan PT BUMA.

Bentuk kerjasama itu diantaranya yang sudah terjalin adalah pada Desember 2017 PT BUMA dengan BLK Balangan menyerap 29 orang, Oktober 2017 12 orang, Mei 2018 sebanyak 22 orang.

Yang terbaru saat ini ada 25 peserta warga Balangan dari total 60 orang yang direkrut untuk mengikuti pelatihan Basic Operator dan Basic Mechanic di Aula Benteng Tundakan kemarin Senin (25/6/2018), sehingga total peserta yang direktur oleh PT BUMA sejak 2017 sampai saat ini berjumlah 88 orang.

Industrial External Relation PT BUMA, SG Sinaga mengatakan, hal ini berjalan sesuai rencana berkat bantuan dan kerjasama PT BUMA dengan pemkab, aparat desa, Disnaker, kepolisian, dan TNI.

60 peserta yang mengikuti pelatihan ini semuanya berijazah SMA sederajat dan berusia maksimal 23 tahun, mereka sudah menjalani seleksi cukup ketat dari 885 orang yang mengikuti seleksi.

60 peserta tersebut langsung dilepas oleh Bupati Balangan H Ansharuddin untuk mengikuti pelatihan atau pemagangan di Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu Project Manager PT BUMA, Vega Perdana menambahkan bahwa kegiatan pelepasan ini merupakan kali ketiga dalam satu tahun terakhir.

Selama masa pendidikan nanti peserta akan mendapatkan bimbingan in class theory, orientasi, peraktik lapangan serta training.

"Usai menjalani pendidikan ke 60 orang ini akan menjalani magang sekitar 6 bulan dan langsung diangkat menjadi karyawan," katanya.

Bupati Ansharuddin mengucapkan terima kasih kepada jajaran PT BUMA yang sudah melakukan perekrutan dan membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

"Semoga kedepan jalinan kerjasama ini terus meningkat, sehingga bersama-sama membangun daerah bukan hanya fisik namun juga kualitas SDM," pungkasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved