Berita Balangan

Tuhalus Optimis Target Tanam Tahun 2018 Sebanyak 43 Ribu Hektare Tereliasasi Akhir Bulan Juli

Kabupaten Balangan termasuk daerah yang cukup baik untuk tanam padi, dalam setahun masyarakat paling tidak bisa tanam dua kali.

Tuhalus Optimis Target Tanam Tahun 2018 Sebanyak 43 Ribu Hektare Tereliasasi Akhir Bulan Juli
BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati
Ilustrasi - Lahan pertanian rawa di Hulu Sungai Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten Balangan termasuk daerah yang cukup baik untuk tanam padi, dalam setahun masyarakat paling tidak bisa tanam dua kali.

Karena lahannya dan luas serta perairan yang mumpuni membuat Kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini selalu diberi target tanam oleh pemerintah pusat.

Informasi dihimpun banjarmasinpost.co.id di tahun 2018 ini Balangan kembali ditarget tanam sebanyak 43 ribu hektar, angka tersebut selain disanggupi oleh pemerintah Kabupaten Balangan, juga disetujui oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Balangan, Tuhalus kepada banjarmasinpost.co.id mengatakan, meski target tanam cukup banyak, namun yang menggembirakan realisasi tanam hingga saat ini sudah mencapai 41 ribu hektar lebih.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming Persija vs Persebaya via Streaming Indosiar Malam Ini

"Jadi sisa target tanam yang ada sekitar 1.811 hektar lagi," ungkapnya.

Nah untuk menuntaskan sisa target tanam tersebut, Tuhalus mengatakan akhir bulan Juni nanti akan optimis terealisasi sebanyak 943 hektar dari sisa sebelumnya yaitu 1.811 hektar.

Sisanya akan ditargetkan pada akhir bulan Juli yang akan ditanam dilahan lebak yang ada diwilayah Lampihong, Awayan dan Batumandi.

"Kami optimis akhir bulan Juli nanti seluruh realisasi sudah mencapai 100 persen, karena ditanam dilahan lebak dimana lahan yang masih berair," ujarnya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Argentina vs Nigeria Grup D Piala Dunia 2018 Malam Ini

Kedepan target tanam di Kabupaten Balangan bisa saja lebih dari tahun ini, asal bendung pitap sudah bisa beroperasi.

Dari informasi yang didapatkan Tuhalus bahwa bendung pitap sudah bisa beroperasi di 2019, jika benar maka Balangan bisa menargetkan tanam sebanyak 44 ribu hektar.

Masih dikatakan Tuhalus bahwa ditahun ini merealisasikan target tanam yang dibebankan bisa fokus dilaksanakan, pasalnya ditahun ini program cetak sawah tidak.

"Balangan tidak dapat program cetak sawah, di Kalsel kalau tidak salah hanya di Kabupaten Banjar yang dapat program cetak sawah," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved