Pilkada Serentak 2018

NEWSVIDEO - Sukamta Ungguli Bambang di Pilkada Tanahlaut Versi Hitung Cepat Sinergi Data Indonesia

Pasangan nomor urut 1, Sukamta-Abdi Rahman mengungguli perolehan suara sementara atas calon nomor urut 2

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Pasangan nomor urut 1, Sukamta-Abdi Rahman mengungguli perolehan suara sementara atas calon nomor urut 2, Bambang Alamsyah-Ahmad Nizar dalam Pilkada Tanahlaut yang dilangsungkan hari ini, Rabu (27/6/2018).

Data Sukamta yang mengungguli suara Bambang ini berdasar dari hasil hitung cepat yang dilakukan oleh sinergi data Indonesia yang berada di Kalsel dan memfokuskan hitung cepat di Tanah Laut (Tala).

Berdasarkan data yang sudah masuk hingga pukul 15.30 wita, Suara Sukamta dan Abdi Rahman berada di posisi 61,37 persen. Sementara bambang 38,63 persen.

Baca: Sukamta Klaim Kemenangan 62 Persen di Pilkada Tanah Laut, Begini Permintaannya

Data itu diambil dari 217 TPS yang mana Sinergi Data Indonesia mengirimkan relawan survei untuk melaporkan perolehan suara di tiap TPS yang dipantau.

Abdullah Karefesina, selaku peneliti dari Sinergi Data Indonesia menjelaskan bahwa hasil sementara ini Sukamta unggul.

"Dari data sudah masuk 85, 25 persen, jadi masih bisa berubah, namun perubahannya pun tak bakal signifikan dan suara Sukamta mendominasi sementara ini," kata Abdullah.

Baca: H Norhasani-Eddyan Noor Idur Kembali Unggul Berdasarkan Hasil Quick Count Pilkada Tabalong

Dia menjelaskan bahwa hasil hiting cepat ini diambil dari sampel sebanyak 217 TPS di Tala." Dan dati data kami, 11 kabupaten Sukamta unggul sementara, " kata Abdullah.

Saat disinggung, bagaimana TPS lainnya, dia menjelaskan hanya yang disampling dan masuk dipantaunya. "Ya ini masih sementara, dan menunggu KPU untuk resminya. Tapi setidaknya hitungan kami sebagai peneliti ya Sukamta unggul, itu dari relawan kami yang mengirimkan sms dan masuk ke server kami, dengan tingkat margin eror 1 persen" kata dia.

Diketahui, di Tala bukan hanya 217 TPS saja, dan ditengara di Tala ada 657 TPS, dari DPT 227.453 yang ada. (Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help