Berita Banjarmasin

Songsong Kejurnas 2018, tim Muaythai Kalsel Susun Program Latihan, Begini Tahapannya

Menyongsong Kejurnas Muaythai 2018 November mendatang, atlet Muaythai Kalsel yang bergabung di Pelatprov Wasaka KONI Kalsel susun program latihan.

Songsong Kejurnas 2018, tim Muaythai Kalsel Susun Program Latihan, Begini Tahapannya
Ist
Atlet muaythai Kalsel latihan kekuatan otot di Gym Super Power, Martapura, Rabu (27/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menyongsong Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Muaythai 2018 November mendatang, atlet Muaythai Kalsel yang bergabung di Pelatprov Wasaka KONI Kalsel tengah menyusun program latihan.

Pelatih Wasaka cabor muaythai, M Hasbi Salim mengungkapkan, saat ini ia telah membuat skema perencanaan program latihan sejak Juni hingga November mendatang.

"Di tahapan pertama, 18 Juni-28 Juli, latihan peningkatan daya tahan umum, kekuatan otot besar tubuh dan kecepatan dasar, serta materi-materi teknik dasar, dengan perbandingan 60 persen fisik dan 40 persen teknik," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kemudian program latihan selanjutnya pada 29 Juli-29 September, mulai masuk ke tahap kekuatan otot dominan yang digunakan dalam muaythai. Dikatakannya,pada tahap ini atlet akan mulai latihan teknik berupa variasi serangan dengan berbagai kombinasi dril-dril pola bertahan dari serangan lawan.

Baca: Live Trans TV! Serbia vs Brazil di Grup E Piala Dunia 2018 Malam Ini, Laga Penentu Neymar cs

Baca: Prediksi Meksiko vs Swedia Grup F : Prediksi Skor, Pemain & Jadwal Siaran Langsung (Live) di Trans7

Selanjutnya di tahap ketiga yakni persiapan pra kompetisi, tetap latihan daya tahan, kekuatan, dan kecepatan namun dilakukan persis menyerupai pertandingan sesungguhnya. Disertai berbagai kombinasi pola bertahan dan menyerang dengan drill-drill menyerang ketika diserang lawan/counter strike.

"Dari tiga tahapan tersebut dimaksimalkan fisik dan teknik, di tahap kedua perbandingan fisik dan teknik masing-masing 50 persen, dan tahap ketiga perbandingannya sudah harus 30 persen fisik dan 70 persen teknik," tandasnya.

Kejurnas ini rencananya diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ajang ini juga sebagai rangkaian kejuaraan bagi atlet muaythai Kalsel sebelum berlaga di Prapon dan PON 2020 mendatang.

"Yang pasti kami selalu berusaha meraih prestasi di setiap Kejurnas, target utama kami dapat mempersembahkan medali buat Kalsel di PON nanti," harapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help