Berita Tanah Laut

Dua Kali Ditambal Warga, Jalan Dekat Jembatan Saranghalang Rusak Lagi dan Makan Korban

Dua Kali Ditambal Warga, Jalan Dekat Jembatan Saranghalang Rusak Lagi dan Makan Korban

Dua Kali Ditambal Warga, Jalan Dekat Jembatan Saranghalang Rusak Lagi dan Makan Korban
banjarmasinpost.co.id
Pengendara mobil menunjuk lubang yang mengancam jiwa pengguna jalan nasional di Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (28/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Ayu Rahma, warga di Kabupaten Tanahlaut meminta warganet yang akan melintas di dekat Jembatan Saranghalang arah luar kota Pelaihari, menuju Batulicin, Tanbu atau sebaliknya agar berhati-hati.

Menurutnya, kondisi lubang di Jalan Nasional itu semakin lebar dan dalam. Jika kurang hati-hati akan bernasib nahas.

Itu dialami warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Kintap yang masuk parit setelah melintas di jalan tersebut.

Baca: Mau Gaya Poni atau Kupu-kupu, Inilah Gorden yang Sedang Trend dan Diminati

Beruntung, pengendara yang mengaku dari Kota Banjarbaru itu selamat dari maut. Ia hanya luka lecet ditolong Jani, warga RT 1 Kelurahan Saranghalang yang rumahnya tak jauh dari lubang jalan tersebut.

"Kalau kecelakaan lalulintas tunggal sudah tidak terhitung. Lubang itu sudah dicek pegawai dari PU dan polisi dari Polda Kalsel," kata Jani.

Adapun Pur, warga RT 1 Kelurahan Saranghalang, mengaku sudah dua kali menambal lubang tersebut, dengan semen dan batu. Namun, tambalan itu terbuka lagi hingga lubangnya semakin lebar.

Baca: Live Trans TV! Live Streaming Jepang vs Polandia di Piala Dunia 2018 Bisa Ditonton dengan Cara Ini

"Saya pribadi dua kali menambal dan pemerintah Tanahlaut seingat saya dua kali juga menambal lubang jalan itu. Nyatanya berlubang lagi," katanya.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanahlaut Mirza, mengakui jalan nasional itu bukan kewenangan Pemerintah Daerah.

Namun, diakuinya sudah pernah ditambal karena keluhan warga Tanahlaut. Ia menilai jalan itu berlubang dan rusak lagi karena ada pergerakan oprit jembatan Saranghalang.

Baca: Live Trans7! Live Streaming Senegal vs Kolombia di Piala Dunia 2018 Bisa Ditonton dengan Cara Ini

"Tapi akan kami perbaiki," katanya dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Kamis (28/6/2018).

Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut juga pernah melaporkan kondisi lubang di oprit Jembatan Saranghalang itu kepada Balai Jalan Nasional melalui Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel.

Itu dikatakan Andris Evony, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut saat melaksanakan pengawasan prasarana jalan yang akan dilintasi pemudik.

Andris berjanji akan menyampaikan keluhan warga itu kepada Dinas PUPR Tanahlaut dan mengupayakan di sekitar lubang itu dipasang rambu peringatan sementara bagi pengguna jalan.

"Kami Dinas Perhubungan akan mengoordinasikan lanjut ke Dinas PUPR untuk penanggulangan sementara," kata mantan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Tanahlaut ini. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help