Bumi Selidah

Gubernur Ajak Sukseskan HPS ke-38, Batola Diharapkan Jadi Percontohan Ketahanan Pangan

Gubernur Ajak Sukseskan HPS ke-38, Batola Diharapkan Jadi Percontohan Ketahanan Pangan

Gubernur Ajak Sukseskan HPS ke-38, Batola Diharapkan Jadi Percontohan Ketahanan Pangan
Humas Pemkab Batola
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS beserta unsur muspida saat melakukan Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit, Batola, Kamis (28/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Menjadi tuan rumah atas peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 nanti, Pemerintah Kabupaten Batola kini semakin serius melakukan persiapannya.

Apalagi menyisakan sekitar empat bulan lagi atau bertepatan 18 hingga 21 Oktober, pada pelaksanaan tersebut Kalsel kembali akan kedatangan tamu istimewanya yakni Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo.

Sehubung itupula, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor tentu tak ingin tutup mata menghadapi even bersejarah tersebut. Ia menaruh harapan besar kegiatan bagi ketahanan pangan nasional itu akan berlangsung sukses.

“Saya menaruh harapan besar semua instansi terkait dan elemen masyarakat bergerak cepat dan terukur melaksanakan tahapan semua kegiatan. Ini mengingat sisa waktu empat bulan lagi. Mari kita dukung dan sukeskan kegiatan ini," ajak pria yang akrab disapa Paman Birin itu.

Namun tambahnya lagi, terwujudnya kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut, tentu tidak lepas perlunya kerja keras, cepat serta sinergitas instansi terkait dan masyarakat sekitar.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menaiki traktor usai semai perdana.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menaiki traktor usai semai perdana. (Humas Pemkab Batola)

Terlebih, apabila kegiatan tersebut bisa berjalan sukses, Kalsel khususnya Batola tidak hanya akan tercatat dalam sejarah nasional sebagai daerah yang turut berjasa bagi penyangga ketahanan pangan, melainkan juga Internasional.

“Karena kegiatan ini boleh dikatakan, tidak hanya dari Kalsel untuk Indonesia, melainkan bahkan juga dunia. Mengingat skala pun internasional, " di sela Penandatangan MoU Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018 baru tadi.

Sedangkan, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyatakan, tahun 2018 ini Batola akan melaksanakan kegiatan pilot percontohan model pertanian terpadu dengan peningkatan IP 200 seluas 750 hektar yang dikelola oleh 6 kelompok tani di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit yang merupakan kebijakan pemerintah dalam membangun pertanian modern di wilayah Batola.

Batola, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, ditunjuk sebagai salah satu lahan percontohan budidaya padi di lahan lebak sekaligus sebagai tempat gelar teknologi pada peringatan HPS sekaligus diharapkan sebagai percontohon penanganan corporite farming berbasis mekanis.

Noormiliyani menyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya atas kepercayaan pemerintah Pusat dan Provinsi Kalsel yang memilih Batola sebagai tuan rumah.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS Penandatanganan MoU sekaligus Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit, Batola.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS Penandatanganan MoU sekaligus Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit, Batola. (Humas Pemkab Batola)

Sedangkan Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian RI, Muhrizal Sarwani, berjanji akan mengkoordinasikan dengan Direktur Alinstan terus mendukung kebijakan pembangunan pertanian di Kalsel sesuai dengan bidang tugasnya seperti membantu penyediaan alat dan mesin. Peringatan HPS di Kalsel ini rencananya dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Penandatanganan MoU sekaligus Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit, Batola itu juga dihadiri Direktur Pupuk dan Pestisida Kementan Muhrizal Sarwani dan Direktur Alsintan Kementan Bustanul Arifin Caya, Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Yudianto Prajaya, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Fathurrahman, SKPD terkait Provinsi Kalsel dan Batola serta berbagai lapisan masyarakat setempat. (aol)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help