Bertakwa

Wow! Di HSU Ada Kuliner Olahan Ubi Sasirangan, Bisa Jadi Makanan Pengganti Nasi

Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi,

Wow! Di HSU Ada Kuliner Olahan Ubi Sasirangan, Bisa Jadi Makanan Pengganti Nasi
Reni
Ketua TP PKK HSU Anisah Rasyidah Wahid melakukan penilaian lomba masakan berbahan ubi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di depan Kantor Dinas Ketahana Pangan, Selasa (26/06/2018).

Lomba ini diikuti oleh seluruh anggota PKK di sepuluh kecamatan, seluruh kecamatan mengikuti lomba yang menyajikan berbagai macam makanan pengganti nasi.

Selain nasi sumber karbohidrat juga bisa diganti dengan makanan lain.

Bagi anak anak yang sulit makan nasi bisa membuat menu pengganti nasi yang juga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Fakhrudin S.Sos mengatakan dengan adanya lomba cipta menu ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sumber karbohidrat bukan hanya di dapat dari nasi, berbagai macam ubi dan sayuran juga ada yang mengandung karbohidrat.

“Untuk meningkatkan ketahanan pangan kita bisa sesekali mengganti makanan pokok dengan sumber karbohidrat lain yang mudah di dapat dan harga yang terjangkau terlebih beberapa pengganti nasi juga sedikit mengandung glukosa,” ungkapnya.

Ketua TP PKK HSU Anisah Rasyidah Wahid mengatakan para peserta lomba dari seluruh kecamatan diharapkan dapat semakin mengetahui macam macam bahan makanan dan kreasi cara pemasakan, dan bisa disosialisasikan kepada lingkungan sekitar tempat tinggal.

Bukan hanya saat lomba namun juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari, menggunakan bahan makanan yang segar tidak mengandung pengawet serta tidak dimasak dengan proses berlebihan.

“Bagi yang memenangkan lomba akan melanjutkan lomba tingkat provinsi, namun yang lebih diutamakan adalah dapat menerapkan dalam kehidupan sehari hari,” ungkapnya.

Berbagai macam makanan yang diperlombakan seperti ubi putih dan ubi ungu, salah satu peserta menamai ubi sasirangan dengan mencampurkan dua jenis ubi ini dalam penyajiannya. Sehingga tampak warna warni seperti kain sairangan yang merupakan kain khas Kalimantan Selatan.

Ubi dan jagung sangat mudah didapat di Kabupaten HSU, ada juga yang menyajikan jagung goreng pengganti nasi goreng dilengkapi dengan berbagai macam lauk seperti ikan, tempe dan tahu. (BANJARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help