Berita Tanahbumbu

3 Kecamatan di Tanahbumbu Bajir, Sejumlah Warga Diungsikan, Ini Lokasi yang Masih Terendam

Akibat banjir akibat tingginya intensitas hujan selama sepekan ini ini sudah berdampak besar bagi warga di kawasan tiga kecamatan tersebut.

3 Kecamatan di Tanahbumbu Bajir, Sejumlah Warga Diungsikan, Ini Lokasi yang Masih Terendam
Facebook@AdiHBparty
Tanggul yang jebol itu adalah Cek Dam Pal 6 Kodeco hingga meluber ke permukiman warga di Batulicin, Jumat (29/6/2018). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain melubernya air di Dam Pal 6 Kodeco di Kecamatan Batulicin, ternyata banjir juga menimpa kecamatan lain seperti Kecamatan Angsana, Kecamatan Satui di Kabupaten Tanahbumbu, Jumat (29/6/2018).

Akibat banjir akibat tingginya intensitas hujan selama sepekan ini ini sudah berdampak besar bagi warga di kawasan tiga kecamatan tersebut.

Hingga Jumat (29/5/2018) pagi sudah banyak warga desa yang tinggal di Satui diungsikan ke sejumlah tempat di Tanahbumbu.

Baca: Beredar Video Tanggul di Batulicin Jebol dan Jalan Banjir, Ini Penjelasan BPBD Kalsel

Sejumlah tempat yang menjadi lokasi pengungsian sementara adalah di SMPN IV, Desa Sinar Bulan dan Koramil Satui. Di tempat ini puluhan kepala keluarga mendapat tempat untuk berlindung dari hujan dan dinginnya cuaca di Tanahbumbu.

Sementara itu menurut data yang diperoleh BANJARMASIN POST.CO.ID, ada sejumlah tempat yang terdampak melubernya air sejak Kamis (28/6/2018) malam yaitu; daerah Sungai Danau, Jombang, Satui Timur, Satui Barat dan kawasan Sinar Bulan.

Baca: Hadiri Sidang Perdana, Penampilan Roro Fitria Jadi Perhatian Warganet, Cetar Seperti Mau Belanja

Bahkan tidak hanya di tempat itu, di desa sekitarnya juga mengalami banjir seperti Desa Sejahtera Mulia, Sekapuk, Alkautsar dan Setarap.

Untuk membantu kebutuhan para pengungsi, petugas sudah menyiapkan menyiapkan empat dapur umum di Gedung Serba Guna dan Belakang Koramil.

Baca: Kemenangan Paslon Wali Kota Palangkaraya Fairid-Umi Diprotes, Tim Aries Narang Siap Demo

Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin ketika dimintai konfirmasikan, Jumat (29/6/2018) pagi mengatakan tanggul yang jebol itu adalah Cek Dam Pal 6 Kodeco. "Tanggul jebol tersebut sudah ditutupi dengan karungan pasir dan bisa diatasi," jelasnya.

Ditambahkan Wahyudin, debit air sudah mulai turun, sedang air yang meluber adalah dari tanggul yang ada di Tanbu dan sudah diatasi sedikit demi sedikit.

Baca: Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, Dibuka Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, Jamin Seru!

Diungkapkan Kepala BPBD Kalsel, kondisi ini diduga akibat hujan yang terus mengguyur lokasi sekitar, sehingga membuat debit air di tanggul tersebut bertambah. "Hingga malam air meluber ke jalan, padahal sudah sejak sore terus berlanjut hingga malam," paparnya.

Dijelaskannya, petugas masih stand by untuk berjaga di Tanbu dan sebagian sudah ada yang melakukan evakuasi dari rumah warga yang tergenang air.

(BANJARMASINPOST.CO.ID/didik/huda)

Penulis: Didik Trio
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved