Berita Tanahbumbu

Banjir di Satui dan Sungai Loban Tanahbumbu, Warga diungsikan

Beberapa wilayah Kabupaten Tanahbumbu kembali terendam banjir. Dua wilayah paling parah berada di kawasan Kecamatan Satui

Banjir di Satui dan Sungai Loban Tanahbumbu, Warga diungsikan
Istimewa
Kondisi banjir di Satui 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Beberapa wilayah Kabupaten Tanahbumbu kembali terendam banjir. Dua wilayah paling parah berada di kawasan Kecamatan Satui dan Sungai Loban, Jumat (29/6/2018).

Pasalnya, banjir ada yang sampai satu meter sehingga rumah warga sebagian terendam. Di Satui misalnya, warga diungsikan menggunakan perahu dan ditempatkan kan di posko pengungsian.

Satui sendiri sudah siaga banjir sejak kemarin. Semua warga juga sudah diintruksikan untuk saling berjaga bersama dan memantau wilayahnya masing-masing bersama jajaran Polsek, Koramil, Orari dan instansi lainnya dan BPBD Tanbu.

Di Desa Sinar Bulan kkecamatan satui saat ini sudah 28 KK yang mengungsi ditempat pengungsian yaitu di SMPN 4 Satui. Dari jumlah KK tersebut ada sebanyak 102 jiwa terdiri dewas, remaja, anak-anak, bayi dan manula.

Baca: Hasil Latihan Bebas 1 (FP 1) MotoGP Belanda 2018 di Sirkuit Assen : Marquez Tercepat

Sementara wilayah yang terkena banjir di Satui ada 10 desa. Mulai dari Desa Sungai Danau sebanyak 1502 KK, Satui Barat 105 KK, Al Kausar sebanyak 29 KK, Sinar Bulan 137 KK, Setarap 30 KK, Satui Timur 112 KK, sejahtera Mulia 102 KK, Makmur Mulia 356 KK. Sementara dua desa lainnya hanya di bagian jalan raya yang terendam.

Menurut Camat satui, Ferdy yosfy, saat ini jajarannya terus melakukan pemantauan dan berupaya melakukan evakuasi kepada warga yang rumahnya terendam banjir. Sebagian ada yang mengungsi dan sebagian lagi memilih bertahan.

"Saat ini kami juga sudah mendirikan posko dan dapur umum Siaga bencana di belakang Koramil Satui. Bahkan sebagian perusahaan seperti PT GMK, PT UBJ, PT STU dan PT AI sudah menyalurkan bantuan berupa logistik," katanya.

Selain di Satui, di Kecamatan Sungai Loban juga ada dua desa yang terendam dan menjadi langganan yaitu Desa Sebambanlama dan Desa Sebambanbaru.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Indosiar Persija vs Persib Bandung Laga Tunda Liga 1 2018

Menurut Camat Sungai Loban, Samsir mengatakan saat ini jajarannya masih dilapangan memantau situasi terkini. Sebagian rumah warga sudah terendam di bagian teras rumah dan lantai dalam rumah akibat hujan yang turun.

"Desa Sebambanbaru kurang lebih sebanyak 45 rumah yang terendam dengan kedalaman air 1 meter. Sementara di Desa Sebambanlama sekitar 30 rumah dengan ketinggian air 1 meter juga," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahbumbu , Hamaludin Taher juga sudah dilapanngan dengan mengerahkan perahu karetnya untuk melakukan evakuasi korban banjir.

Jajarannya sudah turun untuk memantau keadaan banjir tersebut. Terlebih lagi saat ini, hujan terus turun sehingga cukup menghawatirkan di lapangan.

"Perahu karet dan upaya evakuasi sudah kami lakukan di lapangan. Saat ini, kami juga terus memantau keadaan dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help